Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rak Terbuka Bisa Timbulkan Energi Negatif

Kompas.com - 21/07/2016, 08:48 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber IDEA

KOMPAS.com - Selain memudahkan pengguna dapur, rak atau storage model terbuka juga memberikan tampilan dinamis. Namun, apakah semua jenis rak terbuka itu baik secara feng shui?

Menurut ahli feng shui asal New York Ann Bingley Gallops, rak terbuka cenderung memiliki sudut runcing. Sudut itu kemudian menciptakan sebuah "sha chi" atau energi negatif pada ruangan.

Rak model terbuka juga relatif mengundang lebih banyak debu daripada rak tertutup. Selain itu, penataan rak terbuka akan cenderung lebih berantakan.

Hal ini bertentangan dengan hukum Feng Shui ruangan yang baik, yaitu untuk senantiasa menjaga ruangan tetap bersih dan rapi.

Misalnya, ruang dapur terlihat apik dengan komposisi penyusunan perabot dengan color block.

Namun, coba perhatikan, jika barang-barang disusun secara bertumpuk di balik barang lainnya maka hal itu justru membuat barang sulit digapai dan dirapikan kembali.

Meski begitu, bukan berarti rak terbuka merupakan pilihan yang buruk. Berkat sedikit trik, rak terbuka juga bisa tetap dipakai dan nyaman secara fengsui.

Menurut Ann Bingley, kuncinya adalah membuat ilusi seakan rak tak terlihat tajam. Caranya, buat rak di bawah lemari menjorok ke dalam tapi tetap dapat menampung satu set peralatan dapur.

Tarik barang-barang ke tepi rak untuk menciptakan efek sudut tumpul pada rak. Sebaiknya hindari penggunaan metal untuk material rak dan terakhir, jaga agar rak tersebut senantiasa bersih dan rapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com