Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Hotel Terbesar Asia Pasifik Ada di Jepang

Kompas.com - 20/07/2016, 08:09 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Investasi hotel di wilayah Asia Pasifik pada semester I-2016 menunjukkan peningkatan dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Berdasarkan riset Jones Lang LaSalle, selama semester I-2016, 14.025 kunci berhasil diperdagangkan melebihi pencapaian semester I-2015 yang hanya mencapai 10.976 kunci.

Jika dikonversikan ke dollar Amerika Serikat (AS), maka jumlah transaksi hotel di Asia Pasifik naik 13,2 persen ke angka 3,8 miliar dollar AS.

Sebagai tambahan untuk melanjutkan investasi di hotel-hotel pusat kota, para investor tengah memperluas fokus mereka ke pasar lapis kedua untuk meraih kesempatan yield yang lebih tinggi.

Selama lebih dari enam bulan, total transaksi terbesar di Asia Pasifik dipimpin oleh Jepang sebesar 2,1 miliar dollar AS, kemudian Australia sebesar 278 juta dollar AS, dan China Daratan dengan raihan 252,6 juta dollar AS.

Selanjutnya ada Vietnam yang berhasil mengumpulkan transaksi hotelnya sebesar 237,6 juta dollar AS, Taiwan sebesar 217,6 juta dollar AS, dan Thailand 138,3 juta dollar AS.

Pendapatan hotel-hotel di wilayah Asia Pasifik kini sedang berada di tahap seperti sebelum krisis finansial global 2007.

Dengan banyaknya modal yang mengejar aset properti akan ada antisipasi terhadap kompresi lebih jauh lagi dalam hal biaya hotel sepanjang 2016.

Kondisi tersebut terjadi sebelum adanya peristiwa keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit.

Kendati demikian, para investor tetap memiliki hasrat yang sama untuk mengembangkan pasar domestik maupun internasional terutama di kota-kota lapis pertama Asia Pasifik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com