Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apartemen di Surabaya Bertambah 2.872 Unit

Kompas.com - 12/07/2016, 18:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Jumlah apartemen di Surabaya terus bertambah setelah terdapat tiga proyek yang selesai dibangun selama semester I-2016.

Dua di antara proyek tersebut merupakan apartemen kelas menengah yakni Tower B Gunawangsa MERR sebanyak 600 unit dan Puncak Bukit Golf yang dibangun 2.000 unit.

Sementara itu satu lainnya merupakan The Peak Residence yang merupakan apartemen untuk kelas atas dan dibangun hanya 272 unit.

Ketiga proyek itu membuat suplai apartemen di kota Pahlawan ini bertambah 2.872 unit atau meningkat 10,6 persen bila dibandingkan semester II 2015.

Secara total, apartemen strata title di Surabaya per Juni 2016 ada sebanyak 26.463 unit.

Jumlah ini terdistribusi di beberapa wilayah. Sebanyak 46 persen di Surabaya Barat, 43 persen di Surabaya Timur, 7 persen di Surabaya Selatan, dan 4 persen di Surabaya Pusat.

Meski suplai bertambah, Colliers International Indonesia melihat para pengembang masih menahan ekspektasi tinggi karena kondisi pasar yang belum stabil dan menurunnya kondisi ekonomi sehingga berujung pada kinerja penjualan.

Kendati begitu, kepercayaan diri pengembang masih berlanjut pada semester I-2016 ini. Hal itu terbukti dengan adanya lima proyek apartemen yang diluncurkan dalam periode tersebut.

Kelima proyek itu antara lain Klaska Residence besutan Sinarmas Land, Tamansari Emerald, Belleview Manyar, dan Apartemen Cornell serta Denver yang merupakan perluasan Universitas Ciputra Apartment.

Klaska Residence dibangun di atas lahan seluas 3,1 hektar di Jagir Wonokromo, Surabaya Pusat. Rencananya, Klaska Residence akan dibangun sebanyak tiga menara dan terdiri dari 1.000 unit.

Kemudian Belleview Manyar merupakan apartemen satu tower di Surabaya Timur yang menawarkan tipe satu kamar tidur hingga tiga kamar tidur dan akan dibangun sebanyak 460 unit.

Sementara itu tiga proyek lainnya yakni Tamansari Emerald, Cornell Apartment, dan Denver Apartment berlokasi di Surabaya Barat dan ditargetkan untuk mahasiswa serta dosen universitas sekitar seperti Universitas Ciputra dan Universitas Negeri Surabaya.

Harga yang dbanderol untuk lima proyek itu pun bervariasi. Klaska Residence dan Tamansari Emerald ditawarkan seharga Rp 17,5 juta per meter persegi.

Sedangkan Belleview Manyar Rp 16,75 juta persegi dan Cornell serta Denver Apartment di kisaran Rp 14,25 juta per meter persegi.

Klaska Residence, Tamansari Emerald, dan Belleview Manyar diharapkan bisa selesai pada 2019, sedangkan Cornell dan Denver Apartment ditargetkan selesai dibangun pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com