Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kota dengan Biaya Hidup Paling Mahal di Asia

Kompas.com - 02/07/2016, 19:24 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Cost of Living Survey atau Survei Biaya Hidup tahunan yang dibuat oleh konsultan investasi Mercer sudah diumumkan dan menghasilkan daftar kota-kota dengan biaya hidup termahal di dunia, termasuk Asia.

Berikut ini lima kota termahal di Asia menurut Mercer:

5. Beijing, China

Ibu kota China ini dikenal sebagai kota dengan tingkat asap yang tinggi. Pada awal tahun ini saja Beijing berstatus "Red Alert" karena level polusi udaranya mencapai tingkat berbahaya.

Namun, hal itu tidak menyurutkan Beijing sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termahal di Asia.

4. Shanghai, China

Shanghai merupakan kota dengan populasi terbanyak di China dengan hampir 24 juta penduduk. Shanghai menjadi kota paling mahal di China daratan di dalam daftar Mercer.

3. Tokyo, Japan

Kekuatan mata uang yen menjadi faktor utama mengapa Tokyo ditempatkan Mercer di posisi tiga.

Baru-baru ini Property Report menempatkan Tokyo di posisi kedua sebagai destinasi ritel mewah di Asia, hanya kalah dari Hongkong.

Secara global, untuk kategori yang sama, Tokyo berada di nomor empat dan New York di peringkat pertama sebagai kota belanja kelas atas.

2. Singapura

Singapura terkenal dengan aturan membuang sampah yang ketat dan hub transportasinya serta menjadi satu-satunya yang menjadi pulau, kota, dan negara sekaligus di dunia.

Bank Dunia menjuluki Singapura sebagai tempat paling mudah untuk melakukan bisnis. Hal itu lantas menjelaskan mengapa begitu banyak perusahaan global yang berkantor pusat di sana.

Kendati begitu, laporan terbaru menyebutkan bahwa pendapatan individu di Singapura sedit terelokasi dari dunia perbankan sehingga pada tahun-tahun berikutnya Singapura mungkin akan turun posisi sebagai kota termahal di Asia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com