Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Aspek yang Diharapkan Konsumen dari Situs Properti

Kompas.com - 24/06/2016, 12:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat situs listing properti harus menerapkan beberapa aspek utama untuk memuaskan konsumen.

Setidaknya ada 6 aspek utama yang diharapkan konsumen dalam mencari properti melalui situs listing properti.

"Pertama, konsumen ingin cepat dapat informasi. Jadi, listing properti harus selalu diperbarui," ujar Country Manager Rumah.com Wasudewan kepada Kompas.com, Kamis, (23/6/2016).

Kedua, kata Wasudewan, ada di mana saja. Konsumen tidak lagi harus selalu datang ke kantor marketing atau melihat dari billboard.

Begitu pula dengan menggunakan brosur. Cara ini kurang efektif. Sementara di sisi lain, semua orang punya gawai yang bisa digunakan untuk mencari informasi.

Konsumen akan lebih terbantu jika informasi yang diinginkan terkait properti ada di gawai mereka.

Aspek ketiga adalah transparan. Konsumen dipastikan ingin melihat satu proyek yang detail, misalnya berapa jaraknya ke tol atau ke stasiun.

Dengan demikian, dibutuhkan resensi yang jujur terkait satu proyek agar konsumen mendapatkan informasi yang benar.

Keempat adalah konten yang menarik, interaktif, dan punya nilai. Dengan begitu, konsumen bisa mengakses informasi dengan tidak bosan.

Aspek selanjutnya adalah media-rich. Menurut Wasudewan, informasi properti yang ditampilkan di billboard menampilkan gambar mati.

Namun, di listing properti, gambar yang diunggah bisa lebih hidup, misalnya dengan video atau virtual tour menggunakan ePropertyTrack.

Terakhir, aspek sosial media. Dengan sosial media, konsumen bisa mendapatkan informasi dari akunnya langsung, misalnya Facebook dan Twitter.

"Kami juga ingin lebih dekat dengan kostumer melalui messaging apps yang bisa digunakan antara agen dengan konsumen. Ini lagi kita kembangkan," tandas Wasudewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com