Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realisasi Sejuta Rumah di Jawa Barat Baru 40 Persen

Kompas.com - 21/06/2016, 10:11 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Persebaran pembangunan rumah dalam program nasional Sejuta Rumah ditargetkan bisa menyeluruh di semua daerah di Indonesia. Di Jawa Barat, rumah terbangun harus sebanyak 25.000 unit rumah.

"Kalau sekarang target kami dalam program sejuta rumah adalah membangun 25.000 unit rumah. Realisasinya sendiri baru akan kami evaluasi bulan ini," kata Ketua DPP Real Estat Indonesia (REI) Jawa Barat Irfan Firmansyah, kepada Kompas.com, Senin (20/6/2016).

Meski begitu, Irfan mengaku realisasinya hingga saat ini ada di angka 30 sampai dengan 40 persen atau sekitar 7.500 sampai dengan 10.000 ribu unit rumah.

Pembangunan Sejuta Rumah di Jawa Barat, menurut Irfan membutuhkan waktu di tengah kondisi ekonomi saat ini. Selain itu beberapa faktor non-teknis juga menjadi penghalang realisasi tersebut.

"Kami butuh waktu dengan kondisi cuaca seperti ini ditambah dengan daya beli yang sedang menurun juga meskipun ada perubahan FLPP. Selain itu, ada beberapa proyek yang masih menempuh perizinan," tambah dia.

Oleh sebab itu, Irfan berharap relaksasi loan to value (LTV) dan turunnya BI rate saat ini dapat meningkatkan daya beli di tengah kondisi ekonomi yang lemah dan lambatnya sektor properti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com