Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir, Dua Museum di Paris Ditutup Sementara Waktu

Kompas.com - 04/06/2016, 22:18 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur Kota Paris, Perancis dalam beberapa hari terakhir membuat Sungai Seine meluap dan banjir. Imbasnya, beberapa bangunan arsitektur ternama Paris ikut terancam.

Salah duanya adalah Museum Seni Louvre dan Musée d'Orsay yang berisiko terkena banjir. Karena posisi keduanya yang dekat dengan sungai, para staf museum berpindah area kerja ke tempat lebih tinggi demi keamanan mereka.

Pengurus kedua museum pantas khawatir lantaran di dalam museum-museum tersebut banyak karya seni terkenal buatan Michaelangelo, da Vinci, van Gogh, Degas, Monet, dan lainnya.

"Prioritas kami saat ini adalah memindahkan area kerja dan pameran karya seni dari yang terkena banjir ke tempat lebih tinggi," kata perwakilan dari Museum Louvre.

Pada Jumat sore lalu, akun Twitter Louvre mentuit bahwa musuem akan tutup hingga 7 Juni 2016. Pun halnya dengan Musée d'Orsay yang tidak akan buka sebelum tanggal tersebut.

Badai dan hujan diperkirakan bakal terus berlanjut hingga akhir pekan ini dan telah terbukti membahayakan di Perancis dan Jerman.

"Sungai Seine terus meluap tetapi saat ini masih jauh dari ketinggian 8,5 meter yang memecahkan rekor pada 1910 ketika banjir terjadi secara luas selama 45 hari. Kami harus melihat kenaikan air sekitar 5,6 meter semalam," kata kepala agensi yang mengawasi level air, Vigicrues, Francois Duquesne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com