Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Arsitek Dunia, Zaha Hadid Tutup Usia

Kompas.com - 01/04/2016, 00:09 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

MIAMI, KOMPAS.com — Arsitek wanita kenamaan blasteran Irak-Inggris yang merancang Aquatic Centre untuk Olimpiade London 2012, Zaha Hadid, meninggal pada usia 65 tahun.

Arsitek wanita pertama penerima gelar Royal Institute of British Architects (RIBA) Gold Medal itu tutup usia pada Kamis (31/3/2016) di Rumah Sakit Miami, Amerika Serikat, akibat serangan jantung.

Sebelumnya, Zaha masuk rumah sakit tersebut karena didiagnosis mengalami bronkitis. Selama hidupnya, karya arsitektur Zaha tersebar di beberapa negara, seperti Hongkong, Jerman, dan Azerbaijan.

Dalam sambutannya ketika meraih medali emas pada Februari lalu, Zaha mengatakan bahwa ia bangga menjadi perempuan pertama yang meraih penghargaan Gold Medal dari RIBA tersebut.

www.archdaily.com Al-Wakrah Stadium di Doha, Qatar. Stadion tersebut dibuat oleh Zaha Hadid untuk event Piala Dunia 2022 di Qatar. Bangunan tersebut menjadi kontroversi ketika banyak pekerjanya tewas selama pembangunan berlangsung.
"Kita bisa lihat sekarang banyak arsitek wanita yang berkembang dan berprestasi, dan itu bukanlah sebuah hal yang mudah, melainkan penuh tantangan. Maka dari itu, kita akan terus berusaha dan melanjutkan tren yang ada," sambungnya.

Karya arsitektur Zaha lainnya juga terpatri di London melalui Serpentine Sackler Gallery, Museum Transportasi Glasgow, Skotlandia, dan Opera House di Guangzhou, China.

Zaha lahir di Baghdad, Irak, dan menempuh pendidikan strata satu jurusan matematika di Universitas Beirut, Lebanon.

www.designboom.com Hadid akan tetap mempertahankan Middenbury House, yaitu sebuah rumah tua warisan milik sebuah keluarga yang dibangun pada pertengahan 1860, sebagai bagian dari proyeknya ini.
Setelah itu, ia memulai karier arsitekturnya bersama Architectural Association di London. Pada 1979, Zaha membentuk firma arsitektur sendiri dengan nama Zaha Hadid Architects.

Proyek pertama yang ia selesaikan adalah Vitra Fire Station di Weil am Rhein, Jerman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com