Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka Seleksi Pengurus Baru LPJK Periode 2016-2020

Kompas.com - 31/03/2016, 15:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) kembali membuka rekrutmen kepengurusan periode baru.

Kepengurusan LPJK Periode 2011-2015 tingkat nasional dan provinsi telah berakhir pada 31 Desember 2015.

"Lembaga ini adalah bagian dari peran masyarakat untuk pengembangan jasa konstruksi. Lembaga ini bersifat nasional, independen, dan mandiri. Bertugas selama 4 tahun," ujar Direktur Jenderal Bina Konstruksi Yusid Toyib, di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis (31/3/2016).

Sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) Nomor 51/PRT/M/201S tentang Tata Cara Pemilihan Pengurus, Masa Bakti, Tugas Pokok dan Fungsi, serta Mekanisme Kerja Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi, pengurus lembaga tingkat nasional dan provinsi dikukuhkan paling lambat 12 bulan setelah diundangkannya Permen tersebut.

Berdasarkan Permen tersebut, pengukuhan pengurus dilakukan paling lambat 5 Januari 2017. Pengurus ini akan menjabat selama periode 2016-2020.

Kepengurusan LPJK terbagi menjadi 4 (empat) kelompok unsur yaitu asosiasi perusahaan, unsur profesi, unsur perguruan tinggi atau pakar dan unsur pemerintah.

Berbagai tahapan dilakukan dalam proses pemilihan pengurus LPJK, mulai dari persiapan, penetapan kelompok unsur tingkat nasional dan provinsi, hingga pengukuhan pengurus lembaga.

Para pengurus yang dipilih, harus mengikuti tahapan proses pemilihan berupa uji kelayakan dan kepatutan secara substansi dan psikologis.

Uji kelayakan dan kepatutan dilakukan tim independen dan memiliki kapasitas di bidangnya. Adapun penilaian calon pengurus meliputi; kemampuan analitik tentang jasa konstruksi, hukum konstruksi, ekonomi, sosiologi dan kepemimpinan.

Dari segi waktu, tahapan proses pemilihan pengurus LPJK tingkat nasional dan provinsi akan selesai pada Desember 2016.

Melalui pemilihan penjumlah pengurus LPJK berjumlah 16 orang di tingkat nasional dan 8 orang pengurus di tingkat provinsi.

Dari sini diharapkan hadir individu-individu pengurus LPJK tingkat nasional dan provinsi yang memiliki integritas, tanggung jawab profesional dan kompetensi di bidang jasa konstruksi.

Pengumuman Pemilihan Pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Periode 2016-2020 dilakukan pada tanggal 31 Maret 2016 melalui media cetak dan laman resmi Kementerian PUPR yaitu rekrutmenlpjk.pu.go.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com