Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup dengan Ekstrak Vanila, Oven Kembali Bersih dan Harum

Kompas.com - 20/03/2016, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Penggunaan cuka dan baking soda yang relatif lebih aman dibanding pembersih komersial, semakin populer di antara ibu rumah tangga.

Namun demikian, cuka seringkali meninggalkan bau tidak sedap. Penggunaannya untuk alat-alat memasak seperti oven menjadi kurang dinikmati.

Jangan khawatir, berikut ini cara membersihkan oven dengan keharuman vanila dari Yum Universe.

Siapkan satu sendok makan sabun cair, satu setengah cangkir baking soda, dua sampai empat tetes essential oil dengan keharuman vanila, seperempat cangkir cuka putih, serta air secukupnya. Campurkan semua bahan dalam mangkuk kaca.

Gunakan sendok untuk mencampur semua bahan dan oleskan dengan menggunakan kuas pastry ke dalam seluruh bagian dalam oven.

- Selanjutnya, biarkan selama enam hingga delapan jam. Meninggalkan oven yang bagian dalamnya sudah dilumuri solusi pembersih ini juga dianjurkan.

- Setelah didiamkan semalaman, kini waktunya membersihkan bagian dalam oven. Caranya, isi mangkuk kaca dengan air bersih, masukkan spons ke dalamnya, lalu seka dan gosok bagian dalam oven dengan spons tersebut.

- Bila perlu, Anda bisa menambahkan keharuman vanila ke dalam oven. Caranya, tuangkan beberapa tetes ekstrak vanila pada kain bersih.

- Setelah itu, seka bagian dalam oven dengan kain tersebut. Ketika oven menyala, oven tersebut akan mengeluarkan aroma vanila yang lezat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com