Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Kiat Membuat Rumah Tetap Sehat

Kompas.com - 28/01/2016, 14:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Membeli alat makan atau taplak meja baru tak hanya mempercantik rumah secara estetika. Serangkaian studi menunjukkan cara seseorang menata gaya rumah pun mampu memberikan dampak besar pada kesehatan penghuninya.

Berikut ini enam cara mudah yang dapat meningkatkan kesehatan di dalam rumah.

1. Makan dengan alat makan berwarna

Makan dengan alat makan berwarna mampu mengurangi porsi makan hingga 22 persen.

Alat makan dari negeri China yang biasanya berwarna putih sering digunakan sebagai pilihan ketika makan, namun menurut penelitian itu bukanlah cara tersehat.

Para peneliti di Universitas Cornell menguji hubungan antara warna piring dan banyaknya sajian makanan dalam sebuah pesta makan malam di New York.

Para tamu diberikan sebuah piring dengan warna merah atau putih dan diminta mengisi piring itu dengan pasta tomat atau pasta krim.

Hasilnya, para tamu yang makan krim pasta putih di piring putih memiliki porsi lebih banyak 22 persen dibandingkan mereka yang makan pasta krim putih menggunakan piring warna merah.

Alasannya sederhana karena porsi makan seseorang akan lebih sedikit jika diletakkan pada alat makan yang memiliki warna kontras dengan makanan.

Maka dari itu, perbuatan semudah mengganti warna alat makan bisa memiliki dampak besar terhadap porsi makan seseorang, bahkan hal itu berjalan tanpa disadari.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com