Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Bekasi, Courts Mencengkeram BSD

Kompas.com - 21/01/2016, 12:30 WIB
Latief

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Lewat setahun setelah membidik Bekasi, Courts, perusahan ritel asal Inggris, memilih Kota BSD, Tanggerang, untuk membuka gerai keduanya. Gerai yang dibangun di lahan seluas 22.694 meter persegi itu bakal resmi dibuka Sabtu (22/1/2016).

Dengan luas tersebut, Country CEO PT Courts Retail Indonesia Roy Santoso kepada Kompas.com, Kamis (21/1/2016), mengklaim megastore ini akan jadi yang terbesar se-Asia. Dari luas tersebut, lanjut Roy, 20.400 meter persegi akan dijadikan tempat perbelanjaan yang menggabungkan kantor dan pusat distribusi seluas 4.650 meter persegi.

Seperti pada Courts pertamanya di Kota Harapan Indah Bekasi, gerai di BSD ini juga akan menyiapkan lima zona belanja terdiri dari ‘Live zone’, ‘Play zone’ ‘Relax zone’, ‘Sleep zone’, dan Market Hall. Di tenant area saat ini, lanjut Roy, baru sekitar 10 persen penyewa, diantaranya gerai-gerai makanan yang dikelola sendiri oleh Courts, salon, area bermain anak dan lainnya. 

"Seluruh area ini akan terisi secara berkala hingga pertengahan tahun ini," ujarnya.

“Indonesia merupakan pendorong pertumbuhan bagi Courts.  Sejak pertama kali masuk ke Indonesia pada 2014, kini Courts telah memiliki lima toko (yang terdiri dari 2 megastore dan 3 toko, salah satunya adalah toko Courts di Bintaro yang akan dibuka pada 30 Januari 2016). Dan kami berencana akan membuka dua belas toko pada 2018.  Hal ini membuktikan komitmen Courts dalam melayani kebutuhan masyarakat Indonesia,” tambah Roy Santoso.
 
Untuk lebih memberikan layanan maksimal kepada konsumennya, tahun ini Courts telah menambah layanan bisnisnya ke e-commerce yang dinamakan e-Courts, dengan demikian konsumen dapat membeli barang-barang yang ada di Courts secara online.
 
Potensi pasar

Roy mengatakan, salah satu alasan Courts membuka gerai kedua di BSD adalah karena pertumbuhan ekonomi dan penduduknya. Dengan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 8,7 persen, Tangerang Selatan menjadi salah satu kawasan berkembang dengan pertumbuhan ekonomi cukup pesat.

Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk Kota Tangerang Selatan pada 2014 mencapai 1.492.999 jiwa dengan kepadatan penduduk 10.143 jiwa per km2. Untuk itu, dia yakin BSD semakin kuat menjadi salah satu "kota satelit" dari Jakarta, yang awalnya ditujukan untuk menjadi kota mandiri.

Sebelumnya di Kompas.com, tepat pada Januari tahun lalu, gerai pertama Courts di Kota Harapan Indah, Bekasi, itu sudah meraup penjualan senilai 20 juta dollar AS atau setara Rp 252,3 miliar. Padahal, gerai ini baru beroperasi tiga bulan sejak Oktober 2014.

Oleh karena itu, Courts Asia yang berbasis di Singapura ini, mematok rencana membuka sebelas gerai baru lagi dalam rentang waktu lima tahun ke depan. Tahun ini, rencana itu sudah dibuktikan lebih dulu di Tangerang dan menambah ketat persaingan bisnis ritel di kawasan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com