Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tips Memilih Hunian Bagi Para "Jomblo"

Kompas.com - 19/01/2016, 07:13 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencari lokasi untuk tempat tinggal, atau memilih tempat tinggal itu sendiri sama halnya dengan mencari jodoh.

Ada saja masalah yang ditemui ketika mencari dan memilih rumah. Terutama sekali bagi Anda atau mereka yang masih sendiri.

Meski tidak atau belum memiliki pasangan, kaum jomblo juga biasanya ingin memiliki tempat tinggal yang nyaman.

Pemilihan kawasan tempat tinggal menjadi salah satu hal paling penting sebelum membeli rumah atau apartemen. Mereka mesti memikirkan masa depan kawasan tersebut.

"Yang penting sih kawasannya ya apakah menjanjikan, sehingga rumah atau apartemen itu bisa dijual kembali. Intinya kemungkinan untuk investasinya harus ada," kata desainer interior, Aghnia Fuad, kepada Kompas.com, Sabtu (16/1/2016).

Setelah memilih kawasan, lanjut Aghnia, yang mesti diperhatikan selanjutnya adalah denah rumah atau apartemen.

Aghnia menyarankan bagi mereka yang masih belum memiliki pasangan untuk memerhatikan luas bangunan agar sesuai kebutuhan dan tata letak sehingga bisa diperluas lagi nantinya kelak ketika sudah memiliki pasangan dan menikah.

"Selain tata letak dan luas bangunan, perhatian juga dikhususkan untuk posisi kamar, sirkulasi udara, dan sirkulasi cahaya agar bisa senyaman mungkin ditempati," tambah Aghnia.

Terakhir, Aghnia menyarankan untuk memilih kontraktor yang menjanjikan keamanan dan sesuai dengan kepribadian sebelum membeli rumah atau apartemen.

Kontraktor dengan reputasi bagus akan sangat mengeerti keinginan Anda bila kelak berniat merenovasi rumah dan apartemen.

Sementara bagi Anda yang ingin membeli rumah atau apartemen langsung dari pengembang, bisa melihat rekam jejak mereka berdasarkan produk-produk yang sebelumnya dibangun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com