Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah Beradaptasi, Morphotel Bisa Berlayar di Laut Lepas

Kompas.com - 30/12/2015, 11:18 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan konsep hotel baru mewah yang memungkinkan tamu memiliki kesempatan untuk tinggal di dalam sistem mengambang yang bergerak ke seluruh dunia.

Berkat struktur linier yang dikembangkan di sekitar "tulang vertebra", The Morphotel mampu beradaptasi dengan cara berubah bentuk sesuai dengan kondisi cuaca dan situs morfologi.

Konsep The Morphotel didasarkan pada empat strategi utama.

1. Ruang di antaranya

Hotel ini menggunakan laut tidak hanya sebagai media untuk memindahkan wisatawan dari satu tempat ke tempat lain, seperti kapal pesiar, tetapi juga untuk menemukan tempat-tempat yang tidak diketahui.

Hotel ini menghindari konsep tradisional kapal pesiar, yaitu konsumsi bahan bakar pada kecepatan jelajah rata-rata 20 node, adalah 470 liter per kilometer.

Strategi ini akan mengubah aturan perjalanan laut dan Morphotel terus bergerak dengan kecepatan lambat di seluruh dunia.

Kapal pesiar biasa berangkat dari titik A, mencapai tujuan di titik B kemudian kembali. Sedangkan di Morphotel segmen A-B wisatawan adalah hanya sebagian kecil dari perjalanan hotel keseluruhan.

Keuntungan bentuk adaptif dari MORPHotel memungkinkannya bergerak untuk mencapai kota pelabuhan dan menyesuaikan diri secara morfologis ke wilayah itu.

2. Tersambung ke pelabuhan kota

Selama perjalanan terus-menerus di sekitar lautan, Morphotel akan berhenti untuk waktu tertentu di kota-kota yang ditemui sepanjang perjalanan.

Sebagai perpanjangan waktu sementara saat berlabuh, hotel ini akan menjadi nilai tambah bagi penduduk kota, yang mengambil keuntungan dari para wisatawan yang menggunakan fasilitas seperti teater, komersial, hiburan, restoran, atau pusat kebugaran.

Dengan cara ini, pemisahan tradisional antara 'wisatawan' dan 'warga' akan hilang,

3. Bentuk adaptif

Keuntungan bentuk adaptifnya memungkinkan hotel bergerak mencapai kota pelabuhan dan menyesuaikan diri secara morfologis ke wilayah sekitarnya. 

Tidak hanya itu, bentuk adaptif ini juga menjadikan hotel tersebut sebagai organisme akuatik independen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com