Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swiss Hadirkan "Hutan Vertikal" 117 Meter

Kompas.com - 10/11/2015, 08:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber City Lab

KOMPAS.com — Gedung Apartemen La Tour des Cedres direncanakan akan ditumbuhi lebih dari 100 pohon aras, semak, dan tanaman lainnya. Menara setinggi 117 meter ini dijadwalkan mulai dibangun pada tahun 2017 di Lausanne, Swiss.

Fasadnya didukung hampir 10.000 kaki persegi atau 930 meter persegi tanaman hijau. Tanaman ini menutupi sebagian apartemen berteras kayu dan jendela tinggi, mulai dari lantai hingga langit-langit.

Luas total menara tersebut sekitar 3.000 meter persegi dengan jumlah 36 lantai. Di teras menara hijau akan ada lebih dari 24.000 tanaman. Di gedung ini, juga tersedia pusat perbelanjaan.

Menara La Tour des Cedres di Swiss.

Sesuai namanya, La Tour des Cedres akan memiliki pohon cedar dari empat jenis yang berbeda. Pilihan pohon tinggi berasal dari kemampuan spesies tanaman untuk mengurangi polusi perkotaan, melawan efek panas, dan mendorong keanekaragam hayati di lingkungan perkotaan.

Burung dan serangga juga bisa menemukan rumah yang nyaman, sementara tanaman tersebut menjadi filter bagi polutan. Selain itu, bagi penghuni, vegetasi akan mengatur suhu dan tingkat kebisingan di dalam unit.

Menara ini adalah "hutan vertikal" ketiga yang dirancang oleh Stefano Boeri Architetti, sebuah perusahaan Italia di balik "Bosco Verticale", yakni sepasang "bangunan pohon" di Milan.

Dengan La Tour des Cedres, Stefano Boeri tampaknya berusaha menyuntikkan tanaman ke setiap sudut perencanaan kota.

Dia juga berbicara tentang membersihkan situs yang tercemar dengan menggunakan pohon dan membangun sebuah sabuk hijau pertanian di sekitar Milan untuk menghasilkan makanan lokal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber City Lab
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com