Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Belanja Dorong Kenaikan Harga Rumah Lebih dari 25 Persen

Kompas.com - 08/10/2015, 09:52 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat perbelanjaan asal Jepang, Aeon Mall resmi dimulai pembangunannya di Jakarta Garden City, Jakarta Timur, Rabu (7/10/2015). Sebelumnya, mal ini sudah lebih dulu hadir di BSD City, Serpong, Banten.

Menurut Managing Director PT Modernland Realty Tbk Andy K Natanael, kehadiran Aeon Mall diyakini akan mendongkrak harga rumah di Jakarta Garden City lebih tinggi. 

"Banyak yang meragukan apa benar Aeon Mall dibangun di Jakarta Garden City. Hari ini kami buktikan komitmen Modernland," ujar Andy kepada Kompas.com.

Bersamaan dengan target penyelesaian pembangunan Aeon Mall yakni 2017, lanjut Andy, tahun tersebut akan terjadi ledakan properti, khususnya di Jakarta Garden City. Andy pun menyarankan konsumen untuk membeli properti saat ini, yaitu di saat ekonomi sedang melemah.

Dia menilai, membeli properti saat masa puncak adalah anggapan yang salah, karena harganya sedang tinggi. Lebih baik, konsumen menjual properti di saat booming sehingga keuntungan lebih besar.

Alasan konsumen harus membeli properti saat ini adalah karena paling tidak, investasi properti dilakukan dalam kurun waktu lima tahun. Sementara Jakarta Garden City, masih akan berkembang dalam lima tahun ke depan. Saat ini, dari total 370 hektar luas lahan, baru digarap 30 persen.

Dengan demikian, saat Aeon Mall sudah selesai dibangun dan Jakarta Garden City sudah semakin berkembang pada 2017, harga properti akan meningkat tajam.

"Kenaikan normal dari dua tahun terakhir ini saja 20-25 persen. Kalau ada Aeon Mall bisa meningkat lebih dari itu," kata Andy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com