Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Australia dan AS, Tiongkok Bidik Jepang dan Korea

Kompas.com - 02/08/2015, 22:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Setelah Australia, dan Amerika Serikat (AS), investor Tiongkok kini membidik Jepang, dan Korea Selatan sebagai destinasi investasi properti.

Fenomena perubahan preferensi obyek investasi tersebut terlihat dari indeks pembelian properti Jepang yang melonjak lebih dari 20 kali sepanjang tahun 2014 lalu. 

Sementara di Korea Selatan, investor Tiongkok menguasai 41,6 persen lahan yang dapat dibeli, dan dimiliki orang asing. Wilayah negeri ginseng yang paling diminati adalah sebuah pulau resor paling beken yakni Jeju Island.

Data portal properti dalam jaringan Juwai.com, menunjukkan lebih dari 90 persen properti yang dimiliki investor Tiongkok berada di kompleks wisata skala besar, macam resor golf, resor kasino, dan juga kompleks wisata yang dilengkapi fasilitas lainnya.

Sampai dengan akhir Juni 2015, kepemilikan asing di Jeju seluas 20,78 kilometer persegi, atau 1,12 persen dari total luas lahan di pulau ini yang berukuran 1.849 kilometer persegi.

Investasi properti Tiongkok di luar negeri ini, menurut Jones Lang LaSalle (JLL), melonjak menjadi 17 miliar dollar AS atau 21 persen lebih tinggi ketimbang tahun 2014 lalu. Transaksi ini diprediksi bakal terus meningkat hingga akhir tahun 2015 menjadi 20 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com