Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Harga Apartemen Hanya 5-8 Persen

Kompas.com - 30/07/2015, 17:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga rerata kondominium atau apartemen strata  di Jakarta dan kawasan sekitarnya diprediksi tidak akan mengalami lonjakan signifikan sampai akhir tahun 2015.

Leads Property Indonesia memprediksi kenaikan hanya akan mencapai kisaran 5 persen hingga 8 persen. Saat ini harga rerata kondominium Jakarta, dan sekitarnya berada pada level Rp 22,9 juta per meter persegi.

Sedangkan untuk prediksi sampai akhir tahun 2015, pasokan eksisting kondominium akan mencapai 155.889 unit atau melonjak 20,2 persen dibanding pencapaian kuartal kedua. 

Sementara pada kuartal kedua sendiri terjadi penambahan pasokan kumulatif kondominium sebanyak 9.100 unit yang datang dari beberapa proyek, khususnya di daerah Jakarta Selatan. Angka ini meningkat signifikan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, sehingga menyebabkan tingkat penjualan menurun sebesar 2,5 persen.

"Ke depannya, kami prediksikan tingkat penjualan secara keseluruhan akan berada di kisaran 91 persen sampai 92 persen sampai akhir 2015," ujar CEO Leads Property Indonesia, Hendra Hartono kepada Kompas.com, Rabu (29/7/2015). 

Puluhan ribu unit belum terserap

Indikasi pertumbuhan moderat kondominium sejatinya telah dipaparkan Cushman & Wakefield Indonesia. Hasil risetnya bahkan menunjukkan penurunan untuk seluruh aktivitas penjualan, pra-penjualan, maupun tingkat hunian kondominium. Kinerja negatif ini terjadi sejak awal tahun hingga akhir Juni 2015.

Penurunan terjadi karena para pembeli memilih untuk menunggu kepastian kondisi ekonomi, sebelum mereka membeli unit apartemen. Kondisi ekonomi, sebagaimana diketahui, tidak melebihi 5 persen. Pasar saham juga melorot 6,7 persen pada 4.937 per tanggal 23 Juni 2015. Demikian halnya dengan nilai tukar Rupiah yang terdepresiasi 2,2 persen menjadi Rp 13.265 per 1 Dollar AS.

Hasilnya, tingkat penjualan apartemen, terutama apartemen esksisting, merosot 0,1 persen menjadi 97,7 persen pada kuartal kedua 2015. Tingkat hunian juga anjlok 3,8 persen menjadi 59,9 persen dibanding kuartal pertama 2015.

Demikian halnya dengan catatan pra-penjualan apartemen mendatang yang terekam hanya 63,7 persen atau bergeser 0,5 persen lebih rendah ketimbang kuartal sebelumnya, dan menyisakan 67.804 unit yang belum terserap pasar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com