Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah-langkah Menyiapkan Dinding Papan Tulis

Kompas.com - 27/06/2015, 14:20 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Berikan anak-anak Anda area artistik di kamar mereka dengan menggunakan papan tulis di dinding. Papan tulis ini bisa mengalihkan perhatian anak-anak untuk kreatif menggambar di atas permukaannya ketimbang di tembok ruangan.

Papan tulis juga bisa diaplikasikan di banyak tempat lain yang biasa Anda jadikan untuk menuliskan memo atau catatan tertentu. Menerapkan papan tulis bisa jauh lebih menarik daripada lukisan dinding.

Namun, sebelum memulai sendiri mengecat dinding untuk menjadikannya papan tulis, ada baiknya Anda memperhatikan langkah-langkah berikut.

Beli sesuai kebutuhan

Salah satu masalah banyak orang saat mengecat sendiri dinding untuk papan tulis adalah kurangnya cat. Pastikan Anda tahu berapa banyak atau berapa besar ukuran dinding yang Anda butuhkan sebelum mulai mengecatnya.

Siapkan dinding

Tidak masalah jika Anda menginginkan sebagian kecil atau seluruh dinding untuk dijadikan papan tulis. Namun, permukaan dinding harus lebih dulu dibersihkan. Hapus semua tanda yang ada di dinding. Buat penanda bagian mana saja yang ingin Anda cat.

Penting untuk mengampelas daerah yang akan dicat untuk menghasilkan permukaan dinding yang halus. Buat tindakan pencegahan untuk melindungi daerah sekitarnya dari cipratan ataupun tetesan cat papan tulis. Gunakan plester lukisan dengan yang baik untuk menutupi daerah yang Anda tidak ingin dicat.

Isi setiap celah

Sebelum Anda mengecat dinding, Anda harus mengisi setiap celah atau lubang kecil. Lakukan ini dengan drywall filler, dempul kayu, atau pengisi celah lainnya sesuai dengan permukaan dinding yang akan Anda cat. Tunggu sampai mengering sebelum mengampelas dinding dan membersihkan residunya.

Aduk cat hati-hati

Cat papan tulis sangat rentan untuk rusak jika Anda aduk terlalu keras. Gunakan kuas dan pindahkan cat hati-hati di dalam kaleng. Saat Anda mengaduk terlalu keras akan menyebabkan permukaan dinding papan tulis pecah saat digunakan.

www.shutterstock.com Mulailah mengecat dari tengah area. Kerjakan dengan konsisten dan pastikan bahwa Anda mengecat seluruh bagian yang sudah ditandai.

Terapkan cat

Mulailah mengecat dari tengah area. Kerjakan dengan konsisten dan pastikan bahwa Anda mengecat seluruh bagian yang sudah ditandai.

Gunakan cat dengan jumlah yang banyak pada kuas Anda, tapi jangan langsung menempelkannya pada dinding. Tunggu cat tersebut berhenti menetes untuk menjaga permukaan tetap halus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com