Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliarder Inggris Kembangkan Apartemen Paling Diincar Dunia

Kompas.com - 17/04/2015, 13:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Salah satu taipan properti Inggris, John Caudwell, meluncurkan rencana terbaru melalui pengembangan Audley Square House senilai 2 miliar poundsterling (Rp 38,4 triliun).

Penemu Phones4U ini membangun apartemen super-mewah tersebut di atas lahan parkir Audley Street di Mayfair, pusat London, yang dia beli seharga 155 juta poundsterling (Rp 3 triliun). Rencananya, tempat parkir tersebut akan dihancurkan dan dibangun kembali menjadi apartemen dengan lahan parkir ganda bawah tanah (basement).

Audley Square House akan berisi lima rumah bandar, tiga griya tawang, dan 21 unit apartemen mewah. Properti ini diklaim bakal menyaingi One Hyde Park yang selama ini dijuluki tempat tinggal paling diinginkan di seluruh dunia.

Caudwell mendesain setiap rumah bandar dan griya tawang lengkap dengan fasilitas gym dan kolam renang pribadi. Sementara itu, untuk fasilitas umum, Caudwell menyediakan kolam renang sedalam 15 meter, pusat bisnis untuk ruang rapat,spa, bioskop, dan ruang bermain. Rencananya, kompleks ambisius Caudwell ini telah diajukan ke Westminster Council untuk disetujui.

Audley Square House dikategorikan sebagai bangunan superpremium, karena harga jualnya bernilai 10 ribu pound sterling atau Rp 178 juta per meter persegi.

Direktur Broker Rokstone, Becky Fatemi, menyebutkan Audley Square House adalah satu dari proyek residensial yang paling diincar dunia. Dia memperkirakan, unit ini akan terjual Rp 98 juta-Rp 125 juta per meter persegi.

SWNS

Caudwell akan membayar lebih dari 8 juta poundsterling (Rp 153,7 miliar) untuk kompensasi kepada Westminster Council. Jika propertinya terjual dengan harga maksimal, pemerintah setidaknya bisa meraih 100 juta poundsterling (Rp 1,9 triliun).

Sebelumnya, Caudwell telah memiliki sejumlah portofolio properti di Mayfair. Dia telah mengeluarkan jutaan poundsterling untuk mengonversi dua rumah menjadi sebuah mansion mewah. Dia juga memiliki rumah di sebelah Audley Square yang disewakan 15.000 poundsterling (Rp 288 juta) per minggu.

Selain itu, Caudwell telah memiliki 50 ruangan Broughton Hall di Stafforshire. Di lokasi ini, dia membangun miniatur rel pribadi untuk membawanya dan juga para tamu mengelilingi properti tersebut.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com