Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Bikin Ruang "Fitness" Sendiri

Kompas.com - 22/02/2015, 11:46 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Faktor cuaca seringkali menjadi alasan Anda untuk tidak berolahraga. Padahal, Anda bisa menciptakan sendiri ruangan untuk berolahraga di dalam rumah. 

Berikut beberapa ulasan untuk menciptakan ruangan tersebut di rumah Anda.

1. Pilih warna kalem

Putih dan abu-abu muda adalah varian yang sering dipilih. Meski begitu, Anda bisa juga menggunakan biru, ungu, dan kuning muda. Tinggalkan warna-warna berani seperti merah dan oranye, agar Anda tetap merasa tenteram.

2. Rapi

Sulit untuk berhati-hati saat melakukan yoga jika setumpuk kertas ada di samping kaki kiri atau kanan Anda. Kekacauan ini bisa membuat Anda merasa tidak teratur dan cemas. Untuk menciptakan area yang sehat dan membuat Anda nyaman saat berolahraga, fokuslah membersihkan ruangan tersebut.

3. Tambahkan tanaman hias

Membawa nuansa alam ke ruang latihan bisa membuat Anda merasa tengah berolahraga di luar. Tanaman membantu menyaring udara, dan menciptakan lingkungan yang menenangkan lebih alami.

Tidak perlu tanaman besar, Anda bisa menempatkan tanaman hijau kecil di beberapa sudut ruangan supaya membuat latihan olahraga sehari-hari lebih menyenangkan.

4. Manfaatkan cahaya alami

Cobalah untuk memilih area latihan yang mendapat banyak cahaya alami. Dengan begitu, Anda mendapatkan lebih banyak energi secara natural. Anda pun akan lebih santai dibandingkan jika menggunakan lampu neon.

Jika Anda berolahraga di malam hari, pertimbangkan untuk menggunakan lampu yang menenangkan dan tidak terlalu cerah.

5. Minimalis

Selama berolahraga, Anda akan sangat mudah teralihkan atau terganggu, sehingga tidak fokus pada latihan. Cara untuk menangkis gangguan ini, adalah dengan menghilangkan mereka sepenuhnya. Buatlah ruangan yang sederhana dengan dekorasi minimalis.

Meski begitu, bukan berarti ruangan tanpa dekorasi sama sekali. Anda bisa menambahkan beberapa poster atau lukisan dengan gambar yang sederhana untuk membuat tidak cepat bosan ketika berolahraga. Salah satu contoh lukisan yang bisa Anda pasang di ruang olahraga adalah gambar pemandangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com