Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Hemat Energi Ini Terbuat dari Bahan Bekas

Kompas.com - 20/02/2015, 12:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan desain Dwell Development, baru-baru ini menyelesaikan pembangunan rumah "Reclaimed Modern" di Seattle, Washington.

Rumah ini diklaim ramah lingkungan karena mengombinasikan antara desain modern dan kebutuhan pragmatis pembangunan di masa depan.

Dwell Development membangun rumah yang penggunaan energinya rendah. Rumah Reclaimed Modern ini mewujudkan pola pikir baru, yaitu rumah yang menggunakan bahan bangunan bekas dan teknologi hemat energi.

"Kami menggunakan pendekatan holistik. Kami memasukkan bahan-bahan lokal, kemudian mendaur ulang semuanya," kata sang pemilik, Anthony Maschmedt.

Dengan material yang berasal dari lingkungan sekitarnya, rumah ini dipercaya merupakan bangunan konservasi hijau.

Jalan setapak yang mengarah ke rumah tersebut terbuat dari beton yang diambil dari sisa pembangunan trotoar. Eksterior rumahnya dibangun dengan menggunakan kayu bekas. Sementara logam yang bergelombang didapatkan dari pembongkaran gudang di Willamette Valley.

Belajar dari filosofi Dwell Development, sejatinya, tidak ada bahan yang terbuang. Kayu dari gudang dijadikan panel di bawah atap, sedangkan logamnya digunakan sebagai pagar.

"Kami selalu menggunakan banyak bahan dengan konten daur ulang yang tinggi. Langkah berikutnya, kami ingin mengambil dan menggunakan kembali bahan-bahan dari bangunan tua yang akan dibongkar," Abbey Maschmedt, Koordinator Proyek Desain Dwell Development.

Rona berkarat alami dan struktur modern rumah tersebut menciptakan patina atau korosi yang menambah daya tarik tersendiri di tengah-tengah lingkungan perkotaan.

Eksterior rumah dilapisi dengan Enviro-Dri, yaitu penghalang cuaca resistif. Enviro-Dri ini melindungi bagian luar bangunan dari gangguan kelembaban, serta melindungi rumah dari kerasnya iklim Pasifik barat laut. Betonnya mampu menyimpan air hujan dan membantu pengisian air tanah.

Sementara itu, karena matahari adalah sumber energi yang berharga, Tim Maschmedt memasang panel surya untuk memfasilitasi penggunaan energi matahari. Panel surya mengonversi energi matahari menjadi energi listrik, sehingga mengimbangi penggunaan energi pemilik rumah dan mengurangi emisi karbon.

Ada pun jendela dengan tiga panel, mampu menjaga panas di dalam sementara Heat Recovery Ventilator menyediakan udara segar yang konstan. Teknologi berkelanjutan untuk penggunaan energi yang rendah menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi para penghuninya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com