Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apartemen Semakin Menjamur di Tangerang dan Bekasi

Kompas.com - 18/02/2015, 07:29 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pengembang semakin intensif membidik Tangerang dan Bekasi sebagai wilayah pembangunan apartemen strata (kondominium). Hingga 2014, Tangerang punya 27 persen dari total 138.574 apartemen terbangun se-Jadebotabek. Sementara Bekasi sekitar 14 persen.

"Makin banyak lokasi seperti Tangerang, Bekasi, Bogor, Depok dikembangkan untuk apartemen strata baru. Tangerang dan Bekasi khususnya sangat aktif di luar Jakarta," ujar Head of Research and Advisory Cushman & Wakefield Arief Rahardjo, di Gedung BEJ, Selasa (17/2/2015).

Selain karena lahan di Jakarta semakin mahal dan langka, tambah Arief, pengembang juga memilih lokasi di daerah-daerah tersebut karena aksesnya mulai membaik. Sebut saja infrastruktur Tol Jakarta Outter Ring Road 1 yang membentang dari Penjaringan hingga Cakung.

Perubahan preferensi lokasi, lanjut Arief, mengubah peta konsentrasi wilayah pengembangan. Meski demikian, Jakarta Selatan masih memegang mayoritas apartemen terbangun di Jakarta, yakni dengan angka 29 persen, disusul Jakarta Utara 21,2 persen.

Didominasi segmen menengah

Dalam waktu dekat, proyek apartemen kelas menengah akan mendominasi aktivitas pra-penjualan. Hingga akhir tahun lalu saja, tingkat pra-penjualan apartemen kelas menengah-bawah sebanyak 58 persen, kelas menengah 73,4 persen, kelas menengah-atas 72,7 persen, dan kelas atas 73,4 persen.

"Pra-penjualan terus tumbuh. Pada 2014 terlihat adanya pertumbuhan, walaupun pasokannya bertambah. Jadi memang pasar ini sangat kuat," ujar Arief.

Dalam beberapa waktu mendatang, proyek-proyek baru menambah total apartemen di Jadebotabek menjadi 164.980 unit. Keseluruhan unit ini didominasi oleh kelas menengah-bawah.

"Sebanyak 62 persen merupakan kelas middle," kata Arief.

Dia melanjutkan, kelas lainnya yaitu menengah-bawah hanya 26,1 persen, kelas menengah-atas 25,7 persen, dan kelas atas satu persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com