Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rambah Properti India

Kompas.com - 09/01/2015, 10:08 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber EIN News
KOMPAS.com - Raksasa layanan internet, Google, semakin serius menggarap sektor properti. Melalui Google Capital, menginvestasikan dana di CommonFloor yang mengklaim sebagai situs pencari properti terbesar di India.

Investasi ini sekaligus merupakan aksi investasi ketiga Google Capital di Asia sejak perusahaan ini fokus pada langkah-langkah pertumbuhan, yang diluncurkan Februari 2014.

Sebelumnya, Google Capital diketahui telah berinvestasi di 10 perusahaan danAsia menjadi salah satu wilayah yang menjanjikan namun terbatas dalam pendanaan sektor teknologi. Keterbatasan ini justru menarik minat banyak perusahaan ventura untuk ikut menggarap sektor ini.

Google Capital harus bersaing dengan SoftBank, dan Rakuten, serta perusahaan-perusahaan VC lainnya seperti Incubate Fund yang mulai mengucurkan lebih banyak uang ke perusahaan-perusahaan teknologi internet di Tiongkok, India, Korea Selatan dan Asia Tenggara.

Selain menjanjikan, Asia dianggap Google Capital merupakan pasar perdagangan daring terbesar di dunia dengan banyak kesempatan untuk terus tumbuh. India dan Asia Tenggara menunjukkan perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Sebelum mendapat injeksi tambahan dari Google Capital, CommonFloor yang dibentuk pada 2007 telah meningkatkan investasi 47,9 juta dollar AS dari Global Tiger dan Accel Partners.

Stimulus

Pasar properti India diketahui telah lama terpuruk. Ditandai kondisi pasokan melebihi permintaan (over supply), menyebabkan tingkat penjualan sangat rendah. Akan tetapi hal ini disikapi pemerintah melalui peluncuran program baru ambisius yakni membangun perumahan yang terjangkau bagi semua kalangan hingga tahun 2022 dengan investasi 2 triliun dollar AS serta menurunkan suku bunga pinjaman rumah.

Namun demikian, CommonFloor berharap peningkatan stimulus untuk properti ini akan mendorong lebih banyak pengguna platform mereka.

Tak hanya CommonFloor, perusahaan lain yang akan mendapat manfaat dari potensi ledakan perumahan India termasuk Housing.com, yang baru-baru ini melipatgandakan investasi sebesar 90 juta dollar AS yang satu di antaranya berasal dari SoftBank.

CommonFloor sendiri saat ini memiliki 20.000 daftar properti yang diunggah langsung pemiliknya. CommonFloor membantu calon pembeli dan penyewa menemukan lingkungan terbaik bagi mereka untuk berinvestasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber EIN News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com