Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profesi Desainer Interior Harus Dikenalkan pada Anak Sejak Dini

Kompas.com - 08/01/2015, 13:16 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Biasanya, anak-anak sudah memiliki cita-cita. Mereka memilih satu profesi yang disenangi karena melihat lingkungan sekitar dan terinspirasi ingin menjadi idolanya tersebut.

Meski begitu, General Manager Marketing & Creative KidZania, George Aly Razy menyebutkan, kebanyakan orangtua menginginkan anak-anaknya memiliki profesi tertentu dan mengenyampingkan profesi di bidang seni, khususnya desainer interior.

"Orang-orang menilai seni itu tidak menjanjikan. Menurut kebanyakan orang tua, profesi yang berkaitan dengan seni itu kurang komersial dan kurang membawa kesejahteraan. Padahal seni ini penting," ujar George di KidZania, Mall Pacific Place, Jakarta Selatan, Kamis (8/1/2015).

George menuturkan, seringkali orangtua menginginkan anaknya menjadi polisi atau dokter. Profesi-profesi ini, kata dia, dinilai lebih menjanjikan masa depan yang cerah bagi anak. George pun mendorong para orangtua untuk memberikan kebebasan kepada anak-anak dalam memilih cita-citanya.

Untuk itu, para orangtua harus lebih dini mengenalkan lebih banyak profesi, misalnya di bidang seni kepada anak-anak. Salah satu profesi yang berkaitan dengan seni adalah desainer interior.

Desainer interior, Aghnia Fuad, menanggapi positif perlunya anak-anak mengenal profesi desainer interior sejak dini.

"Pengenalan desainer interior pada anak cukup mudah, karena interior itu satu hal yang paling dekat dengan kita. Saat bangun tidur, kita pasti dihadapkan dengan interior," kata Aghnia.

Artinya, lanjut dia, pengenalan desainer interior sedini mungkin pada anak, sudah dimulai saat anak bisa melihat dan membedakan warna-warna. Menurut Aghnia, warna adalah bagian paling krusial dari interior.

"Sekarang banyak warna sebagai pilihan, yang penting komposisinya tepat, mana yang paling banyak, mana yang sedikit. Anak-anak nantinya pasti punya referensi warna kesukaan sendiri," jelas Aghnia.

KidZania sendiri adalah sebuah kota buatan untuk anak-anak berusia 2-16 tahun yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan. Di kota ini, anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa misalnya dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan, dan lain-lain.

Baru-baru ini, KidZania menambah profesi baru, yaitu desainer interior. Di dalam establishment Nippon Paint Interior Design Studio, anak-anak menjalani pekerjaan sebagai desainer interior, mulai dari memadumadankan warna cat, hingga menata letak ruangan.

Layaknya desainer interior profesional, setelah menjalani kegiatan di dalam establishment ini, anak-anak akan mendapatkan bayaran menggunakan mata uang KidZos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com