Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cermin Kepribadian Seseorang Terlihat dari Rumahnya

Kompas.com - 06/01/2015, 12:46 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber fresh home

KOMPAS.com - Seringkali kita mendengar istilah bahwa rumah adalah tempat di mana hati kita berada. Istilah ini menggambarkan bahwa selama berada di rumah, kita bisa menjadi diri sendiri.

Pada hakikatnya, rumah didirikan untuk menjadi tempat yang nyaman, aman, dan mewakili siapa diri Anda. Berikut adalah beberapa hal yang rumah gambarkan tentang pemiliknya.

Eksterior

Seperti kata pepatah "don't judge the book by its cover", kita memang tidak boleh menilai isi buku dari sampulnya. Meski begitu, tidak bisa dimungkiri bahwa desain eksterior rumah mengatakan banyak tentang Anda. 

Indikator pertama yang bisa dilihat dari rumah ketika seseorang melihatnya adalah ukuran rumah tersebut. Ukuran terkadang merefleksikan pendapatan atau gaya hidup. Jika Anda memiliki rumah yang besar, orang-orang secara otomatis berasumsi bahwa Anda adalah seorang yang kaya raya.

Namun, jika Anda terlalu berlebihan mendesain eksterior rumah dengan dekorasi-dekorasi mewah, orang lain cenderung tidak menyukai karena berasumsi Anda adalah tukang pamer. Sebaliknya, jika menyukai dekorasi tersebut, Anda tidak perlu ambil pusing dengan komentar-komentar yang terkadang bernada iri.

Skema warna eksterior juga menjadi cara untuk mengekspresikan diri Anda. Warna-warna berani mencerminkan pemilik rumah tidak takut menghadapi tantangan hidup dan menyukai petualangan. Misalnya dari pintu berwarna merah, pemilik rumah seakan menggambarkan bahwa ia bukanlah seorang pemalu.

Begitu pula dengan dekorasi sederhana. Detail-detail kecil pada eksterior rumah merupakan indikasi bahwa pemilik rumah adalah seseorang yang bersahabat.

Lanskap

Upaya membangun lanskap atau taman juga mencerminkan selera dan gaya pemilik rumah. Lanskap yang bagus, membutuhkan perencanaan, investasi dan energi. Oleh sebab itu, pemilik rumah terlihat seperti ingin memberitahu orang-orang yang lewat di depan rumahnya bahwa ia adalah pekerja keras dan jauh dari sifat malas.

Sebuah proyek lanskap yang menggambarkan deretan tanaman yang rapi dengan desain simetris bisa menjadi cara untuk menekankan pentingnya ketertiban dalam hidup Anda. Proyek lanskap juga bisa menggambarkan bahwa Anda adalah seorang minimalis.

Di sisi lain, lanskap dengan perpaduan hiasan aransemen dan batu, bisa mengekspresikan bahwa Anda menyukai detail dan penuh pesona. Kontras dua elemen yang dikombinasikan ini menunjukkan apresiasi Anda terhadap keseimbangan dalam hidup.

Menambahkan setapak dari batu yang didesain dengan tapak kaki anak-anak, atau kerajinan batu cetak tangan anak, menggambarkan pentingnya keluarga dalam hidup Anda.

Interior

1. Warna

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com