Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pencakar Langit Terjangkung yang Ditunggu Tahun Ini

Kompas.com - 06/01/2015, 06:12 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Pamor menara pencakar langit terus menjulang. Jumlahnya pun kian bertambah setiap tahunnya di seluruh dunia. Berikut 10 menara pencakar langit yang dijadwalkan selesai pembangunannya pada tahun 2015.

1. Shanghai Tower, Tiongkok

Berpegang pada tujuan untuk menjadi bangunan tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa Dubai, Menara Shanghai memiliki ketinggian 632 meter.

Menara ini dibangun oleh Gensler dan menjadi struktur tertinggi yang pernah ada di Tiongkok. Bentuk gedung ini seperti lilitan, dan telah menjalani serangkai tes angin di ketinggian. Menara ini akan memiliki dek observasi di lantai 124 yang akan dibuka akhir tahun 2015.

2. Marina 101, Uni Emirat Arab

Tidak hanya Menara Shanghai, Menara Marina 101 di Dubai ini juga dibangun untuk menempati peringkat ketiga tertinggi setelah Burj Khalifa. Marina 101 ini didesain dengan ketinggian 426,5 meter.

Bagian bawah menara lantai 101 akan menjadi Hotel Hard Rock. Sementara di tingkat atasnya, akan menampung 420 unit apartemen dan restoran dengan pemandangan panorama kota.

3. 432 Park Avenue, Amerika Serikat

Rafael Viñoly menjadi berita utama ketika Walkie Talkie, gedung pencakar langit yang didesainnya di London dilaporkan telah membuat sebuah mobil meleleh. Oleh sebab itu, sang arsitek berharap, menara 432 Park Avenue akan mendapatkan respon yang lebih baik.

Dikenal sebagai bangunan apartemen tertinggi di dunia, 432 Park Avenue akan menawarkan 104 unit mewah. Menara ini juga dilengkapi fasilitas yang mencakup kolam renang pribadi, perpustakaan dan bioskop.

4. Capital Market Authority Tower, Arab Saudi

Dengan ketinggian 385 meter, gedung perkantoran yang didesain oleh HOK dan Omrania & Associates akan menjadi gedung tertinggi di ibu kota Arab Saudi, Riyadh.

Menara CMA berlantai 76 ini adalah bangunan tertinggi di antara lima struktur pada plaza Raja Abdullah Financial District. Lapisan eksternalnya yang berbentuk sirip dengan panel berlubang ini akan melindungi bangunan dari cahaya terik matahari di padang pasir.

5. Eton Place Dalian Tower 1, Tiongkok

Dua tahun setelah tanggal penyelesaian yang diharapkan, menara tertinggi dari lima menara di komplek Eton Place Dalian, Tiongkok, akhirnya dibuka untuk umum pada tahun 2015.

Halaman:
Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com