Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Baja, Tahan Banjir dan Cuaca?

Kompas.com - 04/01/2015, 12:21 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Bertajuk Sol Duc Cabin, rumah ini terletak di area sungai dan hutan di Olympic Peninsula, Washington, Amerika Serikat. Rumah tersebut dirancang secara khusus untuk pemiliknya yang hobi memancing.

Didesain oleh Tom Kundig, kabin yang diselimuti baja tersebut hanya memiliki luas 32 meter persegi. Rumah ini memiliki struktur yang memungkinkannya terhindar dari banjir.

Ketika badai datang, atau ketika pemilik sedang berada di luar rumah, kabin ini bisa benar-benar tertutup oleh sebuah panel besar yang bisa digeser. Panel besar ini dipasang sekaligus untuk menjaga keamanan.

Selain itu, atap kantilevernya melindungi interior dan teras dari sinar matahari. Dari teras ini, pemilik bisa menikmati pemandangan sungai.

Terdapat dua lantai di dalamnya. Lantai pertama merupakan ruang keluarga dan dapur. Sementara itu, lantai kedua dikhususkan untuk ruang tidur untuk privasi pemilik dan istrinya.

Interior rumah sangan sederhana, tetapi nyaman. Furnitur yang ada, hanya yang benar-benar dibutuhkan pemilik. Misalnya pada ruang dapur, terdapat kompor sekaligus oven, mesin pencuci piring, keran dan wastafel.

Rumah ini diklaim hampir tidak bisa dihancurkan berkat daya tahan baja. Oleh sebab itu, rumah tersebut bisa bertahan secara alami sepanjang waktu.

Sebagian besar elemen struktur dibangun di pabrik, termasuk kerangka baja dan panel, atap, jedela, serta tangga. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi limbah konstruksi di lingkungan sekitar rumah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com