Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geser Heathrow, Bandara Dubai Tersibuk di Dunia

Kompas.com - 02/01/2015, 12:23 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber ibtimes
KOMPAS.com - Bandara Internasional Dubai, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), merangsek ke urutan teratas daftar bandara tersibuk di dunia, menggeser Bandara Internasional Heathrow, di London, Inggris.

Menurut Airports Council International, Bandara Internasional Dubai mencatat arus lalu lintas penumpang sebanyak 68,9 juta orang per 22 Desember 2014. Angka ini lebih besar ketimbang  Heathrow yang didatangi sebanyak 67,8 juta orang.

Dengan begitu, kesibukan pekerjaan konstruksi perbaikan Bandara Internasional Dubai tak memengaruhi kepadatan penumpang. Demikian halnya dengan penggunaan landasan pacu tunggal untuk operasionalisasi selama 80 hari.

"Tingginya arus lalu lintas penumpang yang dicapai pada sebelas bulan itu, meyakinkan kami untuk mencapai target 70 juta penumpang hingga 31 Desember 2014. Jika itu tercapai, semakin menegaskan posisi kami sebagai bandara internasional tersibuk di dunia," ujar CEO Bandara Internasional Dubai, Paul Griffiths.

Griffiths melanjutkan, tahun 2015 prospek akan tetap cerah. Dia mengharapkan dapat mempertahankan pertumbuhan hingga 12 bulan ke depan. "Oleh karena itu, kami akan terus berinvestasi dalam pembangunan fasilitas kelas dunia untuk memenuhi permintaan. Termasuk pembukaan Concourse D pada semester pertama tahun 2015," tambah Griffiths.

Selain Bandara Internasional Dubai, UEA juga tengah mengerjakan perluasan Bandara Internasional Al Maktoum. Lalu lintas penumpang yang melalui bandara ini juga terus meningkat. Jika pekerjaan perluasan rampung pada 2022 mendatang, Al Maktoum dapat menangani sebanyak 120 juta penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ibtimes

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com