Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Refleksi Budaya pada Interior Rumah

Kompas.com - 23/12/2014, 08:07 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber fresh home

KOMPAS.com - Rumah akan lebih terasa sebagai milik Anda dengan menambahkan sisi personalitas di dalamnya. Sisi personal, misalnya selera dan gaya, dapat diterapkan dengan menciptakan interior yang merefleksikan budaya atau daerah asal Anda.

Budaya merupakan bagian integral dari keluarga Anda, ketika dimasukkan ke dalam tema desain interior rumah.

Efek domino

Dekorasi dengan melibatkan budaya adalah cara untuk mengekspresikan keyakinan dan faktor gaya hidup Anda. Budaya di rumah Anda memiliki kemampuan untuk menciptakan efek domino yang sangat positif.

Sebagai contoh, jika Anda mengisi dapur dengan budaya spesifik pada peralatan, maka keluarga dan teman-teman mungkin terinspirasi untuk memberikan sesuatu yang baru kepada Anda.

Tambahkan potongan dekoratif seperti karpet, permadani atau aksen dinding yang secara langsung terkait dengan latar belakang budaya Anda. Hal tersebut bisa menjadi permulaan percakapan dengan tamu Anda.

Tidak peduli apa arah desain interior Anda, ketika menyangkut budaya, desain akan memiliki cara untuk menarik orang lain dan membuka mata mereka terhadap budaya tersebut.

Para tamu di rumah Anda mungkin juga memutuskan untuk mendekorasi rumah mereka dengan budaya yang dimiliki.

Hubungan dengan agama

Agama seringkali memiliki keterkaitan dengan budaya. Terkadang, sulit mencari cara untuk mengekspresikan keyakinan terdalam Anda di rumah, sambil tetap mempertahankan skema dekorasi.

Jika Anda membiarkan budaya terjalin dalam desain melalui palet warna, fotografi atau simbol dengan potongan aksen, Anda akan menemukan bahwa aspek keyakinan terlihat di seluruh interior rumah.

Hal yang sederhana dan jelas seperti menggantung koleksi salib di dinding ruang tamu, misalnya. Ada pula yang memajang ayat-ayat suci Al-Quran.

Budaya pasangan

Sangat mungkin ketika Anda dan pasangan memiliki keyakinan atau budaya yang berbeda.

Dalam keadaan seperti ini, menyoroti budaya pada interior rumah, bisa menjadi cara yang bagus untuk mewakili Anda berdua sebagai individu ketika tinggal di bawah atap yang sama.

Halaman:
Sumber fresh home
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com