Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Stop Kontak di Kamar Mandi Tetap Aman

Kompas.com - 20/12/2014, 12:34 WIB
KOMPAS.com - Sejatinya, setiap kamar mandi harus memiliki rancangan dan perencanaan tersendiri dalam memecahkan permasalahan mengenai listrik. Tentu, karena setiap kamar mandi memiliki kebutuhan berbeda.

Contohnya adalah kamar mandi kering. Kamar mandi jenis ini biasanya memiliki kabinet wastafel, yang areanya menyediakan tempat untuk menggunakan peralatan elektronik, misalnya hair dryer, pengeriting rambut, alat cukur, dan lainnya.

Kini, dengan berkembangnya model kamar mandi yang sangat pesat, kebutuhan akan kamar mandi kering juga semakin banyak. Tapi, bagaimanakah cara menyediakan listrik yang aman dengan stop kontak di samping meja kamar mandi yang aman? Berikut langkahnya:

- Ketahui jumlah stop kontak yang Anda perlukan, lalu tentukan titik penempatannya. Biasanya stop kontak diletakkan di dekat wastafel atau di samping meja rias.

- Gunakan stop kontak yang memiliki penutup sehingga lubang stop kontak selalu terlidung dari percikan air.

- Jika sistem kabel stop kontak dan lampu digabungkan, kabel dari sub panel dibagi dan dihubungan dengan beberapa stop kontak dan lampu. Semuanya harus dalam satu sirkuit listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com