Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan Sembilan Hal Ini Sebelum Membeli Brankas!

Kompas.com - 16/12/2014, 14:01 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber fresh home


KOMPAS.com
- Tak seorang pun berharap barang-barang penting milik mereka hilang. Sayangnya, baik itu pencuri, api, atau banjir bisa mendatangi siapa pun tanpa didahului peringatan.

Namun begitu, ada satu cara untuk melindungi barang-barang tersebut, yaitu dengan brankas. Masalahnya sekarang, sangat banyak jenis brangkas beredar di pasaran.

Untuk itulah, sebelum mulai berbelanja, Anda bisa melihat ulasan di bawah ini, untuk memastikan Anda menemukan brankas yang tepat.

1. Benda yang akan disimpan

Tanyakan pada diri Anda, benda apa yang paling disesalkan jika rusak atau hilang. Jika Anda merasa tidak yakin, fokuslah dahulu terhadap dokumen-dokumen, misalnya akta kelahiran, paspor, dan sertifikat-sertifikat. Anda mungkin juga butuh menyimpan rekaman investasi, deposito, atau asuransi.

Selain dokumen, Anda mungkin perlu menyimpan perhiasan atau hard drive eksternal. Orangtua yang memiliki anak-anak kecil harus mempertimbangkan untuk menyimpan resep obat, obat, dan zat bahaya lainnya dari jangkauan anak mereka.

2. Tipe brankas

Setidaknya, ada tiga jenis brankas. Pertama adalah brankas dinding. Seperti di film-film aksi James Bond, brangkas dinding terlihat memukau. Tetapi, ingatlah bahwa brankas ini tidak mampu menopang banyak benda berat. Brankas ini baik untuk penyimpanan dokumen dan foto.

Kedua, brankas lantai. Brankas tipe ini biasanya besar. Meski begitu, brankas lantai adalah yang paling fleksibel. Anda bisa meletakkan benda-benda berat mulai dari perhiasan atau logam berharga lainnya.

Ketiga, brankas senjata. Anda perlu ketahui bahwa dua jenis sebelumnya tidak cocok untuk menyimpan senjata. Brankas senjata khusus dilengkapi dengan pengamanan kunci tambahan, logam tahan bongkar, dan teknologi lain yang meminimalkan risiko kecelakaan.

3. Tempat brankas

Buatlah pengukuran sebelum Anda membeli brankas. Kebanyakan brankas sangat berat dan sulit dipindahkan. Jadi, pertimbangkan secara baik seberapa besar yang Anda butuhkan. Anda tentu tidak ingin sudah susah payah membawa brankas, tetapi barang berharga malah tidak muat saat disimpan di dalamnya.

Untuk mengukur eksterior brankas, Anda perlu menghitung tinggi, lebar, dan tebalnya. Mungkin, perlu juga menghitung bingkai pintu dan tangga supaya tidak kesulitan membawanya.

Untuk interiornya, Anda bisa mengumpulkan terlebih dahulu benda-benda yang akan Anda letakkan di dalam brangkas dan mulai menghitung tinggi, lebar, dan tebalnya. Karena kebanyakan interior brankas dihitung berdasarkan kubik, Anda harus mengalikan ketika angka tersebut dan dibagi dengan 1728 untuk mendapatkan angka akurat brankas.

Jangan takut membeli brankas sedikit lebih besar dari yang Anda butuhkan. Karena, mungkin saja. kebutuhan penyimpanan Anda akan bertambah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber fresh home
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com