Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sah, Markas Besar Kepolisian London Kini Milik Investor Abu Dhabi

Kompas.com - 13/12/2014, 17:03 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Markas Besar Kepolisian London, Inggris, New Scotland Yard, akhirnya jatuh ke tangan Abu Dhabi Financial Group. Penjualan gedung korps The Met ini dilakukan secara resmi pada 9 Desember 2014 senilai 579,1 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 7,3 triliun.

Menariknya, Abu
Dhabi Financial Group membayar lebih dari harga yang ditawarkan yakni Rp 9,6 triliun untuk gedung yang dibangun pada 1960. Terang saja lembaga investasi ini rela membayar lebih mahal, karena lokasi New Scotland Yard persis menghadap Wetsminster Abbey.

Ada pun dana hasil penjualan gedung akan digunakan untuk modernisasi The Met pada tahun-tahun mendatang.

Wali Kota London, Boris Johnson, mengatakan, penjualan tersebut merupakan peluang investasi besar untuk mengamankan masa depan The Met. Nantinya, korps kepolisian ini akan dilengkapi dengan teknologi canggih yang mendukung mobilitas para anggotanya seperti tablet, ponsel pintar, dan kamera tubuh.

"Perangkat teknologi tersebut memungkinkan mereka menghabiskan lebih banyak waktu di jalanan," kata Boris.

Penjualan ini juga merupakan bagian dari perombakan radikal yang sedang berlangsung di The Met. Selain markas besar, Pemerintah Kota London juga menjual 52 aset bangunan tua dan usang lainnya senilai 215 juta poundsterling (Rp 4,2 triliun). Sebagai gantinya, mereka  memindahkan markas besar The Met ke gedung Curtis Green.

Sementara itu, Abu Dhabi Financial Group akan menjadikan situs New Scotland Yard seluas 1,7 hektar tersebut sebagai properti multifungsi bertajuk 'Ten Broadway'. Mereka berharap, intensitas dunia akan mengarah ke situs tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com