Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cikarang Tambah Koleksi Hotel Ekonomi

Kompas.com - 12/12/2014, 14:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

CIKARANG, KOMPAS.com - Kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang sedang tumbuh pesat, semakin dilirik pengembang sebagai wilayah ekspansi bisnis perhotelan. Teranyar adalah kehadiran PT Tanjung Kurnia yang membangun fave Hotel Jababeka.

Hotel berdesain modern, dengan ketinggian 7 lantai tersebut dirancang sebanyak 155 kamar. Hotel ini dilengkapi dengan kolam renang, restoran, kedai kopi dan ruang pertemuan.

Untuk membangun hotel perdananya ini, PT Tanjung Kurnia menggelontorkan dana senilai Rp 80 miliar. Mereka menggandeng Archipelago International Indonesia untuk mengoperasikan hotel yang dibuka pada Jumat, 12 Desember 2014.

Komisaris PT Tanjung Kurnia, Tanto Kurniawan, mengatakan, kebutuhan akan fasilitas akomodasi di kawasan industri Cikarang, yang merupakan terbesar di Indonesia, demikian tinggi. Kawasan Cikarang juga telah lama dikenal sebagai pusat kegiatan industri dan manufaktur terpadu dan modern di Indonesia.

Lebih dari 2.000 pabrik berskala nasional maupun internasional telah hadir di kota Jababeka, Lippo Cikarang dan Delta Mas yang hasil produksinya diekspor ke mancanegara. Nama–nama yang sudah tidak asing seperti Unilever, Hankook, Mattel, L’oreal, Samsung dan Toyota telah lama beroperasi di sini.

"Kehadiran perusahaan–perusahaan multinasional di kawasan industri tersebut yang ditunjang kemudahan akses, mendorong pertumbuhan properti komersial. Hal tersebut menyebabkan kebutuhan akan tambahan kamar hotel baru semakin meningkat dari tahun ke tahun. Saya yakin, fave Hotel disambut pasar dengan baik," tutur Tanto.

Keyakinan serupa juga disampaikan Presiden Direktur & CEO Archipelago International, John Flood. Dia menyatakan, fave Jababeka akan menjadi hotel yang diminati para tamu, baik asing maupun domestik.

"Pengalaman kami mengelola hotel yang tersebar di seluruh nusantara menciptakan kematangan kualitas dengan standar internasional. Kami telah lama mengikuti dinamika perkembangan kawasan Cikarang yang telah menjelma menjadi pusat industri, komersial dan residensial yang berkembang begitu pesat," tambah Flood.

Sebagai informasi, fave Cikarang merupakan hotel ke-90 yang dikelola Archipelago International. Selain fave Jababeka, di Cikarang juga sudah lebih dulu hadir Whiz Prime Hotel Cifest Cikarang, Grand Zuri Jababeka, Zuri Express Cikarang, Santika Cikarang, Grand Cikarang, Boutique Hotel Cikarang, Prime Biz Hotel Cikarang, Grand Cikarang, Teratai Cikarang, dan L'imperial Spatel Hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com