Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

400 Dollar AS, Tarif Bermalam di Hotel Supermewah Plus Layanan "Butler"

Kompas.com - 12/12/2014, 09:41 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak keliru bila General Manager PT Mahkota Prima Properti, pengembang Capital Place, Laura Ratih, menganggap pasar kelas atas Jakarta terus tumbuh. Tidak hanya dipenuhi penduduk dengan kewarganeraan Indonesia, melainkan juga ekspatriat.

"Mereka, para ekspatriat yang dibawa oleh perusahaan-perusahaan multinasional semakin bertambah jumlahnya. Seiring dengan tumbuhnya investasi asing. Bukan sekadar ekspatriat level pekerja menengah, juga para eksekutif level atas dan puncak, para ahli, dan lain-lain," papar Laura kepada Kompas.com, Kamis (11/12/2014).

Dengan demikian, kata Laura, kebutuhan akan fasilitas akomodasi, terutama perhotelan juga ikut meningkat. Terutama hotel kelas atas, untuk tidak dikatakan supermewah. The St Regis Jakarta yang berada dalam area pengembangan Capital Place, menurut Laura, hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Selain The St Regis Jakarta sebanyak 124 unit suites dan presidential suite yang dijadwalkan beroperasi pada 1 Januari 2016 mendatang, juga terdapat hotel supermewah lainnya yakni Fairmont Jakarta, Waldorf Astoria, Raffles Hotel, The Westin Hotel, W Hotel, Rosewood Jakarta, The Langham, Sofitel So, dan Regent Hotel.

Berapa tarif per malam yang dibanderol hotel-hotel supermewah tersebut?

Menurut Direktur PT Ciputra Property Tbk., Artadinata Djangkar, tarif Raffles Hotel yang ada dalam kawasan Ciputra World 1 Jakarta, dipatok sebesar 300 dollar AS atau setara Rp 3,72 juta per malam, di luar pajak.

"Raffles Hotel dibuka untuk publik pada Februari 2015. Saat ini ballroom-nya sudah bisa digunakan dengan kapasitas 2.500 orang," buka Arta.

Sedangkan Waldorf Astoria yang diklaim sebagai hotel dengan level tertinggi yang akan beroperasi di kawasan Thamrin, dipatok 400 dollar AS plus-plus (Rp 4,97 juta) per malam.

"Kami merencanakan pembukaan hotel pada tahun 2018 mendatang. Jumlah kamarnya terbatas, kurang dari 200 unit. Betul-betul eksklusif dengan tarif mulai 400 dollar AS per malam," jelas Marketing and Promotion Manager PT Putragaya Wahana, pengembang Thamrin Nine, Grace Tjugiarto.

Angka serupa dipatok pada The St Regis Jakarta. Menurut Advisor PT Mahkota Prima Properti, Erhard Hotter, tidak seperti hotel supermewah lainnya, The St Regis Jakarta tak sekadar menawarkan kamar untuk bermalam, melainkan pengalaman istimewa.

"We offer experience in good living. Kami menawarkan selebrasi gaya hidup yang dikemas dalam layanan berkualitas tinggi, butik mewah, restoran yang elegan, dan arsitektural yang menakjubkan. Kami juga menyediakan butler  yang selalu siap melayani tamu," jelas Erhard.

Oleh karena itu, wajar bila tarif kamar per malamnya dibanderol sekitar 400 dollar AS, ekuivalen Rp 4,9 juta per malam di luar pajak. Angka ini pun, menurut Erhard, bisa berubah tergantung tingkat okupansi dan juga nilai tukar mata uang.

Sementara Regent Hotel, menurut Head of Marketing Mangkuluhur City, Mahadi, dipatok sekitar 300 dollar AS plus-plus (Rp 3,72 juta).

Sebagai informasi, Regent Hotel berada di area pengembangan Mangkuluhur City seluas 4 hektar. Selain Regent Hotel, terdapat satu menara apartemen premium, dua gedung perkantoran, dan satu menara serviced apartment.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com