Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates Beli Pacuan Kuda Senilai Rp 219 Miliar

Kompas.com - 15/10/2014, 10:21 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates, yang juga merupakan orang terkaya di dunia, telah mengeluarkan 18 juta dollar AS atau Rp 219 miliar untuk membeli lahan pacuan kuda di Rancho Santa Fe, California. Gates resmi membeli lahan yang semula milik Jenny Craig itu pada pertengahan September 2014 lalu.

Juru bicara Gates membenarkan kabar pembelian properti tersebut. Dia mengatakan, keluarga Gates telah mengunjungi San Diego selama bertahun-tahun. Anak perempuannya, Jennifer, bahkan aktif dalam kegiatan menunggang kuda.

Rancho Paseana terletak sekitar 20 menit dari utara San Diego. Properti tersebut berada pada lahan seluas 228 acre atau 92 hektar yang terdiri dari pacuan kuda, wisma, kantor, kebun zaitun, lima lumbung, dan dokter hewan.

AP Photo Pendiri Microsoft, Bill Gates

Peternakan kuda tersebut telah menjadi lahan untuk berlatih bagi kuda-kuda, tetapi Craig menutup fasilitas tersebut pada 2013. Saat ini, tidak ada ada seekor kuda pun di sana, kata Barry, mewakili Jenny.

"Properti ini masuk ke pasar penjualan beberapa tahun lalu. Awalnya seharga 30 juta dollar AS (Rp 366 miliar)," ujar Barry.

Salah satu alasan properti tersebut membutuhkan waktu lama sampai akhirnya terjual, lanjut Barry, adalah banyaknya tawaran dari calon pembeli yang ingin mengembangkan lahan tersebut. Di sisi lain, Craig ingin pembeli mempertahankan fasilitas berkuda itu.

"Ini penjualan yang fantastis, semua orang bersemangat," kata Barry.

Sumber: online.wsj.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com