Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Metro, Fitur Perkotaan Masa Depan Dubai

Kompas.com - 30/09/2014, 11:23 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Dubai tak juga henti bersolek untuk mempercantik wajahnya. Terbaru, sebuah stasiun metro di Purple Line of Dubai Metro akan dibangun dan menjadi salah satu fitur masa depan Dubai Hills Estate.

Rencananya, stasiun metro ini akan dibangun di Mohammed bin Rashid City, Dubai. Salah satu nilai jual Dubai Hills Estate dan juga stasiun metro itu adalah aksesnya menuju Bandara Internasional Dubai.

Dubai Hills Estate sendiri merupakan sebuah kerjasama antara Meraas Holding dan Emaar Properties, serta teletak di persimpangan Umm Al Suqeim Road dan Al Khail Road. Tak hanya itu. Dubai Hills Estate juga memberikan kemudahan akses menuju Syekh Zayed Road dan hanya memerlukan waktu 10 menit menggunakan mobil menuju pusat kota Dubai.

Para pengembang yakin jika nanti koneksi menuju stasiun metro akan ditambahkan ke dalam aksesabilitas Dubai Hills Estate. Menurut beberapa perwakilan penjualan di Cityscape, stasiun metro akan berlokasi di mall yang akan datang, tepatnya di sudut selatan mal.

Stasiun metro akan ada di sepanjang Purple Line yang akan menghubungkan kedua bandar udara di Dubai. Rencananya, Purple Line akan akan ada di bawah tanah dan membentang dari utara hingga selatan.

Lokasi stasiun metro, menurut para pengembang masih bisa berubah selama Roads and Transport Authority (RTA) atau Dishub-nya Dubai belum memberikan izin. Cetak biru yang dipresentasikan RTA Mei tahun ini mengungkapkan bahwa Purple Line akan melewati daerah yang ditetapkan sebagai dasar Dubai Hills Estate dan menghubungkan ke dua bandara dan situs Expo. Sementara itu, Pink Line akan melewati Dubai Hills Estate dari timur ke barat, seperti yang ada di cetak biru tersebut.

"Pink Line akan melewati Dubai Hills Estate tetapi tidak ada stasiun metro di jalur ini," ujar perwakilan penjualan di Cityscape.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com