Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Bertransaksi, Pelajari "Pasar Pembeli" vs "Pasar Penjual"

Kompas.com - 28/09/2014, 09:51 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Para ekonom di Zillow membuat ranking 35 area metro terbesar di Amerika Serikat, untuk menentukan kekuatan negosiasi penjual dan pembeli rumah. Para ekonom ini membandingkan harga asli dengan harga yang ditawarkan dan daftar jumlah hari yang dihabiskan untuk bernegosiasi.

Pembeli cenderung memiliki lebih banyak waktu untuk membuat keputusan dan lebih berani saat berunding untuk mendapatkan harga yang lebih rendah. Mereka pun kemungkinan kecil dihadapkan pada perang penawaran yang sengit.

Sebaliknya di pasar penjual, rumah terjual secara cepat sehingga penjual lebih agresif dalam meminta harga tertentu tanpa perlu membuat kelonggaran.

"Perang penawaran merupakan hal yang umum terjadi pada pasar ini, di mana hasilnya sering kali lebih tinggi dari harga sebelumnya. Ini keuntungan lain bagi penjual," kata ekonom Zillow, Skylar Olsen.

Namun, sebelum bertransaksi, ada baiknya Anda memahami kekuatan masing-masing pasar pembeli dan pasar penjual.

Menurut Coldwell Banker, pasar pembeli adalah saat pasokan lebih dari permintaan. Ada banyak orang yang ingin menjual rumah ketimbang orang yang ingin membeli rumah. Dalam pasar pembeli, penjual mungkin harus menerima harga yang lebih rendah dari nilai ekspektasi. Ini adalah saat ideal untuk pembeli.

Sebaliknya, pasar penjual adalah kondisi di mana permintaan lebih besar dari pasokan. Orang-orang memiliki lebih banyak uang untuk belanja properti, sehingga penjual akan sering melihat beberapa pembeli bersaing untuk membeli properti mereka. Akibatnya hal ini akan mendorong harga naik. Ini berarti bahwa pembeli harus menghabiskan lebih banyak uang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Situasi ini sangat ideal bagi penjual, karena mereka mendapatkan harga ekspektasi lebih dari yang diinginkan.

Sangat penting untuk diingat bahwa bahkan di negara yang sama atau kota yang sama, akan ada beberapa pasar yang berbeda. Jadi, Anda mungkin mengalami situasi saat menjual rumah ada keuntungan yang didapat dan membeli rumah dengan harga mahal, atau kombinasi dari keduanya. Hal ini sangat tergantung pada keputusan Anda untuk membeli dan menjual rumah.

Pasar pembeli dan pasar penjual tidak bertahan selamanya. Sulit untuk memprediksi apa yang pasar akan lakukan dengan akurat. Anda mungkin harus menunggu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk menjual saat kondisi "pasar penjual". Dan ketika situasi berubah, pasar justru tidak mendukung Anda. Ini merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan saat Anda memutuskan kapan harus membeli atau menjual rumah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com