Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Kench, Rumah Pantai "Terbaik" di Britania

Kompas.com - 15/09/2014, 11:18 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Sebuah rumah dengan konsep outdoor living kembali hadir. Mengambil istilah rumah pantai, rumah di Hampshire ini memiliki teras berupa tepi pantai. Selain teras tepi pantai, rumah ini juga memiliki bagian mengkilap di bagian depannya.

Nama rumah itu "The Kench". Rumah pantai tersebut menjadi satu dari enam proyek arsitektur yang dinominasikan untuk mendapat RIBA Manser Medal untuk kategori rumah Britania terbaik. Nama tersebut langsung muncul ketika lokasi pembangunan rumah sudah ditentukan, yakni di bagian barat Pulau Hayling.

www.dezeen.com
Rumah pantai ini dibangun oleh arsitek John Young bekerjasama dengan firma arsitektur asal Sussex, Inggris, Meloy Architects. Rumah tersebut nantinya akan masuk ke dalam kategori rumah keluarga dan akan sangat berguna pada liburan musim panas.

"Rumah pantai ini layaknya vila kecil di pegunungan ketika liburan datang dan dirancang secara konsep untuk liburan musim panas nanti," ujar Charles Meloy.

Terjepit di antara atap bergantung dan dasar yang dihias, rancangan rumah berbentuk T itu mengakomodasi tempat tinggal terbuka menghadap laut dan area dapur. Rumah pantai ini juga memiliki dua kamar tidur dan sebuah kamar mandi serta toilet terpisah ke belakang.

www.dezeen.com Fasad kaca di rumah satu lantai ini berguna untuk menghubungkan ruang tamu dengan lantai pinus Oregon yang meliputi seluruh area rumah.
Fasad kaca di rumah satu lantai ini berguna untuk menghubungkan ruang tamu dengan lantai pinus Oregon yang meliputi seluruh area rumah. Atap putih dan dinding terpisah membantu rumah pantai baru ini untuk membaur dengan tetangga sekitar yang lebih dulu tinggal.

Di sisi utara properti, sebuah jalan kayu mengarah ke pintu masuk utama. Kamar tidur berbentuk plot trapesium ada di belakang dengan masing-masing dilengkapi dengan pintu tinggi mengkilap.

Pintu yang menghadap laut menyediakan pemandangan air dan akses ke dek eksternal. Satu bagian dari lantai ke langit-langit memantulkan cahaya dan menyembunyikan tempat penyimpanan terintegrasi. Untuk menghindari banjir, sang arsitek mengangkat bangunan pada beton.

www.dezeen.com Kamar tidur berbentuk plot trapesium ada di belakang dengan masing-masing dilengkapi dengan pintu tinggi mengkilap.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com