Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik SketchUP Akuisisi Gehry Technology

Kompas.com - 14/09/2014, 09:12 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Amerika, Trimble, bergabung bersama Frank Gehry untuk mengubah industri konstruksi melalui kombinasi pengembangan piranti lunak dan piranti keras. Tak hanya itu, Trimble juga membeli perusahaan teknologi informasi (TI) milik arsitek Frank Gehry.

Trimble merupakan pemilik piranti lunak gambar tiga dimensi (3D) yang populer, SketchUp dan juga spesialis teknologi survei lapangan. Trimble percaya bahwa membangun strategi aliansi bersama Gehry dan membeli perusahaan piranti lunaknya akan membantu menghubungkan proses desain di lapangan dan di tempat lain, misalnya kantor, melalui piranti lunak dan keras.

Dalam pernyataan tertulisnya, Trimble mengatakan bahwa kerja sama ini akan "mengubah industri konstruksi dengan cara menghubungkan antara kantor dengan teknologi konstruksi di lapangan".

"Gehry Technology adalah kunci Frank untuk merealisasikan desainnya tanpa mengeluarkan banyak biaya atau waktu," kata CEO Trimble, Steven W. Berglund.

Steven juga mengatakan, bersama Gehry, ia berharap agar komitmen dan perpaduan ini dapat memperlancar adopsi teknologi dalam industri yang mencapai angka triliunan dollar AS. Meski begitu, ia tidak menyebutkan besaran dana yang telah ia bayarkan untuk akuisisi ini.

Gehry Technology secara original tumbuh atas hasrat untuk membantu merealisasikan desain Frank yang rumit, dengan menggunakan piranti lunak dan teknik industri luar angkasa dan teknik otomotif. Perusahaan ini berdiri pada 2002, dan menyuplai pelayanan konsultasi.

Kliennya, antara lain Diller Scofidio Renfro, Herzog & de Meuron, Jean Nouvel, Coop Himmelb(l)au dan Zaha Hadid. Pada 2011, perusahaan ini mengumumkan sumbangan sebesar 10 miliar dollar AS kepada perusahaan piranti lunak teknik Autodesk and Dassault Systems.

Perusahaan ini juga mengumumkan daftar nama penasehat baru termasuk Hadid; Patrik Schumacher; Ketua SOM, David Childs; Wolf D Prix; Penemu Coop Himmelb(l)au; Moshe Safdie; dan UN Studio founder Ben van Berkel. Gehry Technologies sekarang menjadi bagian dari Trimble's Engineering and Construction.

"Penggabungan ini adalah mimpi saya. Di Trimble, saya menemukan mitra yang memiliki ambisi dan cita-cita untuk membuat efisiensi pada Industri AEC yang memungkinkan kreatifitas arsitek untuk mengembangkan dan menambah nilai kreatif dalam realitas ekonomi kita. Saya sangat bersemangat untuk mengembangkan misi kami dengan mitra baru," jelas Gehry.

Trimble dikenal sebagai produsen peralatan GPS, laser pengukur jarak, sistem navigasi, dan fokus dalam menyediakan piranti lunak dan keras, untuk membantu mengatur aset dan material di luar lingkungan kantor. Trimble juga menyediakan jaringan tanpa kabel untuk menyiarkan informasi di lapangan ke pekerja lainnya di kantor.

Trimble membeli SketchUp dari Google tahun 2012. Pada setahun belakangan, perusahan juga membeli Manhattan Software, provider dan piranti lunak managemen fasilitas properti yang berbasis di London.

Penyatuan layanannya dengan Gehry Technologies yang bergerak dalam membangun informasi atas pemodelan, analisis dan perangkat visualisasi, diyakini akan meningkatkan kelancaran akses data untuk arsitek, teknisi, kontraktor, dan pemilik, serta membuat penyampaian proyek lebih efisien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com