Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Far East Hospitality Akuisisi Empat Hotel di Eropa

Kompas.com - 23/08/2014, 11:44 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Far East Hospitality Holdings Pte Ltd (Far East Hospitality), anak perusahaan Far East Orchard Limited (FEOrchard) di sektor perhotelan, pekan lalu mengakuisisi 50 persen saham TAF Property Companies, perusahaan properti yang memiliki empat hotel di Eropa. Hal tersebut akan memperkuat langkah FEOrchard dalam kepemilikan bisnis hotel di pasar Eropa.

Bersama mitra usahanya, Toga Group, Far East Hospitality secara bersama akan memperoleh bagian saham dalam portofolio perusahaan Toga Accomodation Fund (TAF) (TAF Property Companies). Selain itu, Far East Hospitality juga akan membeli 50 persen saham dalam portofolio perusahaan berbeda dari Toga Group (Toga Property Companies).

TAF Property Companies sendiri memiliki tiga hotel yaitu, Adina Apartment Hotel Berlin Checkpoint Charlie, Adina Apartment Hotel Frankfurt Neue Oper, dan Adina Apartment Hotel Copenhagen. Toga Property Companies memiliki satu hotel, yaitu Adina Apartment Hotel Berlin Hauptbahnhof.

Keempat berlokasi di Berlin dan Frankfurt, Jerman dan Kopenhagen, Denmark, itu secara independen telah dihargai dengan penilaian keseluruhan mencapai sekitar 107,1 juta Euro atau sekitar Rp1,682 triliun. Hotel-hotel tersebut saat ini beroperasi di bawah naungan Adina Apartment Hotel yang dikelola oleh Toga Far East Hotel (TFE Hotel), usaha patungan Far East Hospitality dan Toga Group. TFE Hotel merupakan salah satu manajemen perhotelan terbesar di Australia.

Chief Executive Officerdan Managing DirectorFEOrchard Group, Lucas Chow, mengatakan langkah FEOrchard setelah melakukan akuisisi aset pertama di Eropa adalah melanjutkan rencana ekspansi dari rangkaian transaksi perhotelan di Australia tahun lalu.

"Kami percaya transaksi ini akan menunjukkan kemampuan untuk segera menangkap peluang dan memanfaatkan sinergi yang ditawarkan oleh mitra usaha kami," kata Chow dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (23/8/2014).

Menurutnya hal itu bukan tanpa alasan. Pada 2013 lalu, kedatangan wisatawan mancanegara secara global tumbuh sekitar 5 persen hingga mencapai 1,1juta. Eropa sendiri merupakan benua yang merasakan keuntungan dari pertumbuhan tersebuti, dengan kedatangan turis mancanegara sebanyak 29 juta lebih banyak dibandingkan 2012, tumbuh sebanyak 5 persen. Rusia dan China tercatat sebagai pangsa pasar terbesar bagi Eropa di 2013 lalu.

Chow mengataan, pembelian hotel-hotel di Eropa itu menjadi puncak dari kerjasama TFE Hotel setelah mengakuisisi dua gedung perkantoran di Sydney dan Brisbane untuk perombakan hotel dalam dua bulan terkahir. TFE Hotel akan terus aktif mengejar peluang pertumbuhan di seluruh Australia melalui kedua manajemen perhotelan dan bisnis kepemilikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com