Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qatar Bantu Rekonstruksi Infrastruktur Vital di Gaza

Kompas.com - 06/08/2014, 11:35 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Qatar, sekutu utama gerakan Hamas, memastikan akan membantu upaya rekonstruksi Jalur Gaza. Upaya pembangunan kembali ini diperkirakan menelan biaya 6 miliar dollar AS atau setara Rp 70,5 triliun.

Bukan kali ini saja Qatar memberikan kontribusi rekonstruksi Gaza, tahun 2013 dan tahun-tahun sebelumnya,  negeri petro dollar ini juga melaksanakan pembangunan kembali fasilitas-fasilitas publik dan infrastruktur vital. Termasuk rumah sakit, jaringan listrik, dan air serta jalan.

Pada 2013, negeri kaya di Teluk Arab ini tercatat mendonorkan dana lebih dari 400 juta dollar AS (Rp 4,7 triliun).

Saat dihubungi Reuters, seorang pejabat Qatar mengatakan, negaranya akan sangat siap untuk memberikan uang bagi keperluan bantuan kemanusiaan. Tetapi, bantuan ini tidak secara langsung diberikan ke Hamas.

Kehancuran akibat konflik tahun ini lebih buruk dan luas dibanding tahun 2009 lalu. Lebih dari 100.000 rumah warga hancur, pabrik, kawasan industri, pusat belanja dan fasilitas publik yang terkena serangan Israel, tidak berbentuk lagi. Sementara kerusakan lima tahun lalu masih meninggalkan struktur-struktur bangunan dan bisa direnovasi kembali.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com