Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peniru Gedung Burj Al Arab Bakal Diseret ke Meja Hijau

Kompas.com - 04/08/2014, 12:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com — Tak hanya Tiongkok yang beken sebagai imitator ulung gedung-gedung jangkung, India pun tak kalah piawai membuat klon bangunan-bangunan ikonik di dunia.

Arabian Business menulis, seorang pemilik rumah di Negeri Hindustan tersebut diketahui telah membangun replika atau miniatur hotel Burj Al Arab yang populer dengan desain mirip kapal layar di tengah lautan.

Bukan sekadar membangun, sang pemilik rumah yang berlokasi di Punjab tersebut juga mengunggahnya ke situs media sosial. Gambar miniatur hotel Burj Al Arab pun ramai diperbincangkan dan membuat heboh komunitas dunia maya.

arabianbusiness Tampilan Burj Al Arab palsu
Kabar tersebut tentu saja sampai ke kuping para petinggi Jumeirah Group selaku pengembang hotel Burj Al Arab asli. Mereka kemudian mempertimbangkan untuk mengambil tindakan hukum terhadap pemilik bangunan versi "kate" yang diyakini membangun tanpa minta izin lebih dulu dan telah melanggar hak cipta desain.

Burj Al Arab sendiri merupakan pencakar langit kota Dubai dengan desain istimewa dan sangat ikonik. Hotel ini dirancang setinggi 280 meter, dan berada di pulau buatan Palm Jumeirah.

Bukan kali ini saja desain unik Burj Al Arab menarik minat khalayak untuk membuat tiruannya. Dua tahun lalu, Presiden dan CEO Jumeirah Group, Gerald Lawless, mengatakan pernah didekati oleh pengembang Las Vegas, Amerika Serikat. Mereka meminta izin untuk membangun replika Burj Al Arab di "Sin City".

"Kami sering didekati. Kami memiliki hak desain arsitektur Burj Al Arab secara penuh. Jadi, Anda tidak bisa membangun begitu saja. Sebelum krisis keuangan, ada pembicaraan tentang itu (membangun replika). Namun, ada juga lembaga yang berpendapat bahwa kami harus menjaga Burj Al Arab,  yang merupakan bangunan unik," kata Lawless.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com