Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Proposal Desain, Gambaran Masa Depan Heathrow City

Kompas.com - 20/07/2014, 12:09 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Jakarta tampaknya harus belajar dari London. Ibukota Inggris ini telah menyiapkan rencana induk untuk membangun Heathrow City, di atas situs yang kini masih berfungsi sebagai bandara internasional.

London tidak akan meninggalkan Bandara Internasional Heathrow jika kemudian ditutup dan membiarkannya menjadi situs tak bertuan, sebagaimana yang pernah dilakukan Jakarta terhadap Kemayoran sebelum kemudian dikerjasamakan dengan swasta melalui Badan Layanan Umum PPK Kemayoran.

www.dailymail.co.uk Proposal desain Heathrow City, London.
London, melalui Dinas Transportasi, diketahui telah memilih tiga proposal rancangan kota baru mandiri yang kelak berisi sekitar 190.000 unit rumah. Pengembangan kembali Bandara Heathrow ini diproyeksikan dapat menciptakan 90.000 lapangan kerja baru dan menambah tak kurang dari Rp 148,9 triliun terhadap perekonomian Inggris.

Salah satu dari tiga proposal desain tersebut merupakan karya Rick Mather Architects. Situs Heathrow akan dikembangkan menjadi kota yang terbagi atas sepuluh distrik. Masing-masing sepuluh distrik tersebut dihubungkan dengan landasan pacu bandara.

Tak hanya itu, akan dibangun pula pusat penelitian, hub manufaktur dengan implementasi teknologi canggih, hunian, dan area komersial.

www.dailymail.co.uk Proposal desain Heathrow City, London.
Sementara proposal karya Hawkins/Brown, menekankan pada pembangunan mandiri (self-build) industri dan rumah-rumah untuk para pekerja industri yang bersangkutan. Proposal desain Hawkins/Brown ini memungkinkan warga masyarakat untuk dapat memesan hunian dengan spesifikasi yang diinginkan secara online.

Sedangkan karya Maccreanor Lavington, akan menjadikan Heathrow City sebagai titik temu aktivitas dan ritel komersial yang bertumpu pada revitalisasi bangunan-bangunan eksisting. Mereka akan menyulapnya menjadi pusat pertemuan sipil sehingga akan terbentuk jantung komunitas baru.

Pusat pertemuan ini dilengkapi dengan kampus teknik yang akan dibangun di sisi timur situs, sementara bekas gedung Terminal 2 akan direnovasi menjadi pusat sipil dan hub  ritel. Selain itu, tentu saja, akan terdapat ribuan hunian. Intinya karya Lavington berbasis masyarakat.

Wali Kota London, Boris Johnson mengatakan, permintaan rumah baru dan pekerjaan di ibukota demikian tinggi, sehingga pihaknya harus segera memulai pembangunan kembali Heathrow jika bandara internasional baru Thames Estuary disetujui.

"Semakin cepat kita mulai merencanakan, semakin lebih baik. Kita meminta arsitek untuk menjadi kreatif dan mendesain dengan visi yang sangat berbeda untuk Heathrow masa depan," ujar Johnson.

Namun, hal terpenting dari pengembangan kembali Heathrow adalah potensi ribuan pekerjaan baru dan pasokan rumah baru di kota ini akan dapat memenuhi seperlima dari kebutuhan yang setiap tahun meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com