Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Simpel... Menata Kamar Tidur Berbentuk "L"

Kompas.com - 01/07/2014, 12:49 WIB
KOMPAS.com - Kamar berbentuk "L" mempunyai banyak manfaat, salah satunya mempermudah aktivitas Anda. Oleh karena itu, Anda perlu penataan kamar tidur "L" ini agar lebih optimal, seperti berikut ini:

Urutkan aktivitas

Urutkan aktivitas yang pertama sampai akhir yang dilakukan Anda di kamar. Ini akan membantu Anda menentukan letak ruangan karena setiap aktivitas Anda akan memerlukan tempat. Kamar tidur akan lebih berfungsi secara optimal bila aktivitas yang Anda lakukan memakai seluruh sudut kamar.

Contoh: masuk kamar-> ganti baju-> menonton tv-> belajar-> tidur-> bangun-> olahraga ringan-> nonton tv-> keluar kamar.

Daftar barang

Membuat daftar barang yang Anda punya. Pilih beberapa barang yang sudah tidak bisa dipakai agar dapat "dihidupkan kembali" (recycle) fungsinya, misalnya menjadi pajangan untuk mempercantik interior.

Contohnya, Anda dapat membungkus kotak-kotak barang bekas dengan artpapper atau kertas kado, Voila! Jadilah meja- meja kecil sebagai hiasan.

Atur ulang posisi ruangan secara detail dengan mengukur lebar dan panjang perabot yang sudah ada sehingga mempermudah menata ulang kamar dan memperkecil kemungkinan sudut ruang tak terpakai.

www.houzz.com Atur ulang posisi ruangan secara detail dengan mengukur lebar dan panjang perabot yang sudah ada sehingga mempermudah menata ulang kamar dan memperkecil kemungkinan sudut ruang tak terpakai.
Relokasi posisi

Mendesain atau merelokasi posisi ruangan juga perlu Anda lakukan. Kamar dengan bentuk "L" memiliki keuntungan bentuk yang dinamis, namun relatif susah meletakan barang. Dengan mengetahui pola penempatan aktivitas dan ukuran perabot, Anda dapat mulai mendesain kamar ini.

Langkah pertama, perhatikan area masuk kamar. Kamar "L" ini unik karena memiliki akses dari dua pintu masuk. Area masuk lebih baik terlihat lega sehingga barang atau furnitur tidak ditempatkan di area tersebut. Kemudian, ciptakan focal point pada ruangan, berupa meja TV berlampu yang eye catching.

Semoga bermanfaat!

(Indra zaka permana/Maulina Kadiranti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com