Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zeus, Televisi Raksasa untuk Piala Dunia!

Kompas.com - 11/06/2014, 15:55 WIB
Latief

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Dengan semakin dekatnya jadwal siaran Piala Dunia, penggemar sepak bola dari seluruh penjuru dunia juga sedang berlomba-lomba mencari tempat paling nyaman dan sempurna untuk menonton hajatan akbar sepakbola di muka bumi itu. Mulai dari undangan eksklusif nonton di kafe, beramai-ramai menyaksikan di layar lebar di lapangan terbuka, dan sebagainya dilakukan para penggemar sepakbola.

Tepat pada waktunya, Titan, produsen televisi berbasis di London, baru saja meluncurkan televisi terbesar di dunia untuk menyaksikan kenikmatan peristiwa gol dalam definisi tinggi. Diberi nama "Zeus", besar televisi ini memang dibuat dengan ukuran raksasa, yaitu delapan meter kali lima meter atau 370 inci.

Bukan main. Harganya pun "raksasa', 1.000.000 poundsterling atau setara 1.700.000 dollar AS. Perangkat ini secara signifikan lebih besar dari televisi terbesar yang pernah ada sebelumnya di dunia, yaitu satu set televisi 152 inci yang dibuat oleh pabrikan asal Jepang, Panasonic. Maka, dengan Zeus, para penggemar sepak bola dapat menonton Piala Dunia dengan pemain di ukuran sebenarnya atau empat kali lipat dari ukuran pada televisi biasa.

www.dailymail.co.uk Perangkat ini secara signifikan lebih besar dari televisi terbesar yang pernah ada sebelumnya di dunia, yaitu satu set televisi 152 inci yang dibuat oleh pabrikan asal Jepang, Panasonic.

Televisi ini juga punya fitur 65 miliar warna. Beratnya hampir satu ton dan dapat dikontrol melalui gerakan, dan dengan pengguna dapat mengganti saluran sesederhana mengedipkan mata saja.

Layar lebarnya bekerja dengan panel 'Format' yang memungkinkan pengguna menonton hingga 20 saluran pada satu waktu dan pada saat bersamaan. Bisa dikatakan, Zeus juga menjadi satu-satunya layar di dunia yang dinamis bereaksi terhadap cahaya dalam ruangan untuk menyesuaikan kecerahan dan kualitas warna secara real-time.

Sampai saat ini, hanya empat layar Zeus yang dibuat. Dua layar pertama sudah dipesan atau pra-jual ke seorang jutawan Inggris dan untuk sebuah hotel di pinggir laut di kawasan Cannes. Adapun televisi untuk jutawan Inggris yang tidak disebutkan namanya itu diduga dipasang di kolam renang mereka.

"Setelah layar 173 inci kami luncurkan, kami memutuskan untuk membuat sesuatu yang ikonik dan tim menghabiskan waktu enam bulan untuk membangun layar ini. Ini tidak hanya menjadi yang terbesar, tapi paling luar biasa," ujar Anthony Ganjou, Chief Executive Titan.

Namun, jika seharga 1.700.000 dollar AS untuk satu unit Zeus ini masih dianggap mahal, Titan juga bersiap menciptakan layar yang bisa dipesan lebih dahulu untuk pasar mid-range seharga150.000 poundsterling atau setara 250,000 dollar AS. Anda tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com