Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Sekarang Ganti "Wallpaper" Anda

Kompas.com - 09/06/2014, 13:32 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Houzz.com
KOMPAS.com - Penggunaan wallpaper atau kertas dinding merupakan langkah praktis memberikan aksen menarik di dalam rumah. Namun, cepat atau lambat, kertas dinding tersebut harus diganti dengan kertas dinding yang baru.

Perubahan selera pemilik rumah, kerusakan, dan berbagai alasan lain bisa menjadi alasan penggantian kertas dinding lebih cepat dari perkiraan. Lantas, apa yang harus dilakukan pemilik rumah ketika hal ini terjadi?

Kontributor Houzz, Christine Tusher, punya cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk melepaskan kertas dinding. Sebelum memberikan cara mudah, dia berpendapat bahwa memang lebih baik meminta bantuan profesional tukang cat. Mereka lebih berpengalaman dan punya berbagai peralatan yang tepat, meski biayanya tampak lebih mahal ketimbang melepaskan sendiri kertas dinding.

Sama seperti biaya pengecetan, biasanya biaya melepaskan kertas dinding pun dihitung per meter persegi. Semakin luas permukaan dinding yang tertutup kertas dinding, semakin besar pula biayanya. Belum lagi, jika Anda ingin memasang kembali kertas dinding baru.

Richard D’Angelo dari CraftPro Contracting mengungkapkan bahwa melepaskan sendiri kertas dinding tidak seperti melepaskan stiker. Anda tidak bisa membayangkan mengangkat pojok kertas dinding dan menariknya begitu saja. Selalu ada risiko merusak dinding atau papan gipsum.

"Permukaan kertas di papan gipsum di bawah kertas dinding biasanya ikut sobek bersama kertas dinding. Hasilnya, ada area berukuran besar yang perlu diperhalus," ujar D’Angelo.

Liz West Proses melepaskan wallpaper atau kertas dinding membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Anda siap melakukannya?
Namun, tidak perlu khawatir. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Anda pun bisa melepaskan sendiri kertas dinding sendiri. Sebelum melepaskan kertas dinding, lapisi dulu area di sekitar dinding. Hampir sama prosesnya dengan mengecat dinding, tutup permukaan dengan kain atau koran. Agar lebih aman, lepas juga tombol untk mematikan dan menyalakan lampu, serta padamkan juga aliran listrik.

Kemudian, gunakan wallpaper scorer, alat untuk melubangi wallpaper agar formula pelepas kertas dinding bisa meresap dengan mudah. Anda bisa mendapatkan alat ini di toko perlengkapan rumah tangga atau lewat pembelanjaan via internet.

Setelah melubangi kertas dinding, masukkan air hangat ke botol semprot. Alat tersebut memudahkan Anda membasahi kertas dinding dengan air hangat. Setelah sekitar 15 menit, lepaskan kertas dinding dengan menariknya dari pojok bawah dinding dan dengan hati-hati tari ke atas. Gunakan putty knife untuk membantu Anda melepaskan kertas dinding di bagian yang sulit. Ulangi terus langkah ini sampai kertas dinding lepas sempurna.

Terakhir, bersihkan dinding dengan air sabun hangat, atau larutan yang tersedia di toko. Larutan ini berfungsi membersihkan pasta perekat kertas dinding. Meski terdengar mudah, langkah ini cukup menantang. D’Angelo mengingatkan bahwa pasta perekat kertas dinding biasanya sudah meresap ke primer, cat, papan gipsum, dan plaster.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com