Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papan Reklame Organik, Ramah Lingkungan dan Efektif

Kompas.com - 06/06/2014, 21:00 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Dua puluh tahun lalu, Sungai Pasig di Manila, Filipina digolongkan sebagai sungai tanpa kehidupan. Namun, timbul kepedulian untuk mengembalikan kehidupan pada sungai tersebut. Cara yang ditempuh pun tidak biasa.

Sebuah perusahaan kosmetik alami asal Jepang, Shokubutsu Hana, menempatkan papan iklan (billboard) mengambang di permukaan sungai.

Dalam situs resminya, Hana.com, perusahaan ini menyebutkan bahwa billboard mengambang baru pertama kalinya hadir di Filipina. Billboard tersebut dibuat dari tanaman Vetiver (Chrysopogon zizanioides), rumput perennial yang biasa digunakan untuk membersihkan air dan menstabilkan tempat pembuangan sampah.

Vetiver sengaja dipilih lantaran tanaman tersebut bisa hidup dalam habitat tinggi nitrat, fosfat, dan baja. Tanaman ini pun mampu menyerap material beracun untuk membantu mengurangi polusi. Berdasarkan penelitian, sistem Vetiver seperti ini bisa membersihkan dua hingga delapan ribu galon air per hari.

Pesan di billboard "hidup" ini pun sederhana. Bunyinya hanya "Clean River Soon" atau "Bersihkan Sungai Segera". Pesan ini ditujukan untuk memperingati orang-orang agar berpikir dua kali sebelum membuang sampah ke sungai.

Papan reklame ini sudah mulai dipasang sejak Februari 2014 lalu. Shokubutsu Hana bekerja sama dengan The Pasig River Rehabilitation Commission, Vetiver Farms Philippines, dan TBWA/SMP.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com