Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siasat Menata Dapur Sempit Terkesan Lega

Kompas.com - 27/05/2014, 09:36 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Ungkapan 'ukuran adalah segalanya' tidak bisa diterapkan di dalam dapur. Anda tidak membutuhkan ruang besar di dalam dapur untuk membuat ruang tersebut berfungsi dengan baik dan nyaman. Jika masih ragu, ada cara mudah membuat dapur mungil jauh lebih nyaman dan fungsional. Berikut ini contohnya.

Sebelum mulai membuat dapur mungil Anda lebih efektif, yakinlah dahulu bahwa bagaimana pun bentuk, ukuran dapur, dan peralatan dapur, semua itu baik adanya. Seorang chef terkenal Mario Batali pernah mengatakan, "Hanya yang tidak bisa memasak akan menyalahkan peralatan masak. Saya bisa membuat semua masakan di restoran saya dengan pemanggang listrik tidak bagus dan oven biasa."

Pertama-tama, cobalah menemukan tempat untuk semua barang Anda di dapur. Hal pertama dan terpenting dalam membuat ruang berukuran terbatas menjadi efisien adalah menjaga kerapihan.

Kedua, bukalah pikiran dan beri kesempatan agar "pakem" yang selama ini Anda gunakan untuk menata dapur bisa diubah. Misalnya, lepaskan pintu lemari dapur dan biarkan isi lemari dapat terlihat dengan mudah. Jika enggan membiarkan lemari dapur terbuka, gunakan pintu kaca.

Ketiga, ciptakan kohesi untuk memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Tumpukan barang, termasuk piring, membuat dapur Anda tampak penuh. Solusinya, cat dinding dengan warna putih, dan gunakan piring berwarna putih pula. Piring yang menumpuk akan tampak "menghilang" dan membuat dapur terasa lebih rapih, lebih luas.

Keempat, sesuaikan ukuran serta jumlah peralatan memasak dan peralatan makan-minum dengan luas dapur. Jika hidup sendiri, Anda tidak perlu menggunakan penanak nasi (rice cooker) berukuran besar. Anda pun belum tentu membutuhkan dua lusin piring, dan gelas berukuran besar.

Kelima, buatlah dapur terang. Pastikan dapur memiliki akses ke sinar matahari, serta tunjang juga dengan pencahayaan artifisial. Dapur yang gelap akan lebih lembab. Terlebih, jika dapur sama sekali tidak memiliki akses ke sinar matahari alami.

Pastikan permukaan meja dapur (countertop) juga tidak gelap. Berikan lampu pada bagian bawah lemari dapur. Cara ini membuat kegiatan masak-memasak pun lebih mudah.

Keenam, gunakan furnitur multi guna. Menempatkan meja kecil di dapur berukuran mungil adalah ide yang baik. Gunakan meja sebagai "island" atau permukaan tambahan untuk memasak, juga gunakan untuk menyantap makanan. Fungsional, dan hemat tempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com