Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berani Terima Tantangan Hidup di Apartemen Sempit? Ini Triknya!

Kompas.com - 17/05/2014, 17:01 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Casa Sugar

KOMPAS.com - Apartemen studio kini tidak hanya tersedia di pusat-pusat kota. Di daerah pinggiran, seperti Bekasi sekalipun, apartemen-aparteme studio sudah mulai menjamur. Karena masih dibanderol dengan harga relatif murah, tidak ada salahnya mempertimbangkan hidup dalam apartemen studio. terlebih jika praktis, dan mempermudah akses Anda menuju tempat kerja.

Namun, benarkah tinggal di apartemen studio membosankan? Interior desainer Kelsi Vande Velden tinggal di dalam apartemen studio. Menurutnya, tinggal di dalam ruang terbatas tidak harus membosankan.

"Jadilah kreatif. Bayangkan kembali berbagai kemungkinan dan buatlah rancangan interior untuk mengenali 'ruang mati' yang sebenarnya bisa digunakan lebih maksimal. Di rumah, saya menyingkirkan rak dan pintu untuk membuat lemari menjadi teras. Ambil juga keuntungan dari ketinggian ruangan, cermin, dan warna-warna terang untuk membuat ruang terasa lebih besar," paparnya.

Selain tips yang sudah disampaikan oleh Velden, Anda juga bisa membuat penampilan interior apartemen studio tidak membosankan dengan cara mengatur interiornya terus-menerus. Meski Anda sudah menemukan pengaturan yang berhasil dengan baik, kemungkinan ada pengaturan lebih baik lagi. Membuat rancangan interior apartemen studio yang baru bisa membuat Anda mengidentifikasi dengan lebih tajam jika ada 'ruang mati' di dalam rumah.

Kemudian, pastikan Anda lebih rapi dari sebelumnya. Karena tempat tinggal terbatas, Anda perlu menaruh semua barang pada tempatnya. Selain itu, simpan hanya barang-barang yang Anda butuhkan. Hindari menumpuk barang, terlebih barang-barang yang kemungkinan tidak pernah Anda gunakan. Berikan pada orang lain, sumbangkan, atau jual barang-barang tidak terpakai tersebut.

Pastikan interior apartemen juga memiliki pencahayaan yang cukup. Bila tidak, apartemen Anda akan tampak seperti goa. Tidak hanya memasukkan lampu, pastikan jendela Anda juga dilapisi dengan gorden yang tidak terlalu tebal.

Anda juga bisa menggunakan barang-barang yang memiliki fungsi ganda. Misalnya, menggunakan meja konsol yang bisa pula digunakan sebagai meja makan, meja kerja, atau meja untuk berdandan.

Terakhir, seperti yang sudah disebutkan oleh Velden, manfaatkan ketinggian apartemen studio Anda. Jangan biarkan dinding kosong. Anda bisa menempelkan lampu baca ke dinding untuk menghemat permukaan meja di sebelah tempat tidur. Anda pun bisa menempatkan rak di dinding untuk menaruh berbagai benda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com